SABILA, ADELA ZULFA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI GERAK MELINGKAR (Penelitian Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Terpadu Darussalam Kabupaten Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (16kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (50kB)
4 HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (4kB)
5 ABSTRAK.pdf
Download (78kB)
6 KATA PENGANTAR.pdf
Download (7kB)
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (78kB)
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (170kB)
9 BAB 1.pdf
Download (110kB)
10 BAB 2.pdf
Download (904kB)
11 BAB 3.pdf
Download (515kB)
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12kB)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (181kB)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
Abstract
Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi pendekatan pembelajaran dan media yang kurang beragam juga kendala terkait fasilitas praktikum di laboratorium, dan kesulitan siswa dalam memahami konsep gerak melingkar. Peneliti merespon tantangan tersebut dengan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan pendekatan SAVI dan platform Articulate Storyline 3. Tujuan penelitian mencakup deskripsi karakteristik pembuatan multimedia pembelajaran interaktif terkait gerak melingkar dengan pendekatan SAVI dan perangkat Articulate Storyline 3, evaluasi tingkat validitasnya, serta penilaian tingkat kepraktisannya. Metode penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE sebagai kerangka kerja. Uji coba dilaksanakan pada dua kelas, yakni XI MIPA B dan XI MIPA C, dengan jumlah peserta masing-masing 31 orang. Kelayakan multimedia pembelajaran dinilai melalui validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan menggunakan indeks validasi Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks validasi Aiken untuk ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa berturut-turut adalah 0,89, 0,92, dan 0,89, dengan kategori sangat valid. Sementara itu, rata-rata persentase kepraktisan mencapai 96%, menandakan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini sangat praktis dalam konteks pembelajaran. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan SAVI terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu media, materi, dan bahasa. Kelayakan multimedia pembelajaran interaktif dari hasil validasi tim ahli media, materi, bahasa sangat layak dan respon peserta didik sangat praktis untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran SMA Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya.
Kata kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Pendekatan SAVI, Articulate Storyline 3, Gerak Melingkar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 07:48 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 07:48 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2114 |
