PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI GERAK MELINGKAR (Penelitian Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Terpadu Darussalam Kabupaten Tasikmalaya)

SABILA, ADELA ZULFA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI GERAK MELINGKAR (Penelitian Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Terpadu Darussalam Kabupaten Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4 HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4 HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (4kB)
[thumbnail of 5 ABSTRAK.pdf] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 6 KATA PENGANTAR.pdf] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR ISI  TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf] Text
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 9 BAB 1.pdf] Text
9 BAB 1.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 10 BAB 2.pdf] Text
10 BAB 2.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of 11 BAB 3.pdf] Text
11 BAB 3.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of 12 BAB 4.pdf] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13 BAB 5.pdf] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[thumbnail of 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 16 LAMPIRAN.pdf] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi pendekatan pembelajaran dan media yang kurang beragam juga kendala terkait fasilitas praktikum di laboratorium, dan kesulitan siswa dalam memahami konsep gerak melingkar. Peneliti merespon tantangan tersebut dengan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan pendekatan SAVI dan platform Articulate Storyline 3. Tujuan penelitian mencakup deskripsi karakteristik pembuatan multimedia pembelajaran interaktif terkait gerak melingkar dengan pendekatan SAVI dan perangkat Articulate Storyline 3, evaluasi tingkat validitasnya, serta penilaian tingkat kepraktisannya. Metode penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE sebagai kerangka kerja. Uji coba dilaksanakan pada dua kelas, yakni XI MIPA B dan XI MIPA C, dengan jumlah peserta masing-masing 31 orang. Kelayakan multimedia pembelajaran dinilai melalui validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan menggunakan indeks validasi Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks validasi Aiken untuk ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa berturut-turut adalah 0,89, 0,92, dan 0,89, dengan kategori sangat valid. Sementara itu, rata-rata persentase kepraktisan mencapai 96%, menandakan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini sangat praktis dalam konteks pembelajaran. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan SAVI terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu media, materi, dan bahasa. Kelayakan multimedia pembelajaran interaktif dari hasil validasi tim ahli media, materi, bahasa sangat layak dan respon peserta didik sangat praktis untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran SMA Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya.

Kata kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Pendekatan SAVI, Articulate Storyline 3, Gerak Melingkar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 05 Dec 2025 07:48
Last Modified: 05 Dec 2025 07:48
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item
View Item