EXPLORING INDONESIAN EFL STUDENT TEACHERS’ MOTIVATION IN TEACHING INDONESIAN TO FOREIGN SPEAKERS (BIPA): A CASE STUDY

IRSYAD, MUHAMMAD ZANUAR (2024) EXPLORING INDONESIAN EFL STUDENT TEACHERS’ MOTIVATION IN TEACHING INDONESIAN TO FOREIGN SPEAKERS (BIPA): A CASE STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. COVER.pdf] Text
01. COVER.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 02. APPROVAL SHEET.pdf] Text
02. APPROVAL SHEET.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 03. PERNYATAAN.pdf] Text
03. PERNYATAAN.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 04. PERSONAL PAGE.pdf] Text
04. PERSONAL PAGE.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 05. ABSTRACT.pdf] Text
05. ABSTRACT.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 06. PREFACE.pdf] Text
06. PREFACE.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 07. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
07. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 08. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
08. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 09. CHAPTER 1.pdf] Text
09. CHAPTER 1.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 10. CHAPTER 2.pdf] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER 3.pdf] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER 4.pdf] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 5.pdf] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of 14. REFERENCES.pdf] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 15. ENCLOSURES.pdf] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 16. CURRICULUM VITAE.pdf] Text
16. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)

Abstract

Umumnya, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan menjadi guru Bahasa Inggris ketika lulus. Menariknya, ada beberapa mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang lebih tertarik untuk mengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi para mahasiswa bahasa Inggris dalam mengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari dua mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas internasional yang berlokasi di Kepulauan Riau, Indonesia. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara semi terstruktur melalui Zoom meeting. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006) dan berdasar pada jenis-jenis motivasi yang dijelaskan pada teori determinasi diri (Ryan & Deci, 2000). Temuan penelitian mengungkapkan bahwa partisipan memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Secara intrinsik, para partisipan merasa senang, nyaman, dan secara inheren merasa puas dengan proses mengajar Bahasa Indonesia kepada para penutur asing. Secara ekstrinsik, para partisipan memiliki motivasi untuk melakukan komunikasi antarbudaya agar mendapatkan pengalaman berbicara dengan para penutur asing serta ingin mempromosikan bahasa Indonesia dan budaya Indonesia.

Kata kunci: Motivasi, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, BIPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 05 Dec 2025 07:03
Last Modified: 05 Dec 2025 07:03
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item
View Item