IRSYAD, MUHAMMAD ZANUAR (2024) EXPLORING INDONESIAN EFL STUDENT TEACHERS’ MOTIVATION IN TEACHING INDONESIAN TO FOREIGN SPEAKERS (BIPA): A CASE STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. COVER.pdf
Download (170kB)
02. APPROVAL SHEET.pdf
Download (344kB)
03. PERNYATAAN.pdf
Download (205kB)
04. PERSONAL PAGE.pdf
Download (170kB)
05. ABSTRACT.pdf
Download (93kB)
06. PREFACE.pdf
Download (152kB)
07. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (158kB)
08. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (44kB)
09. CHAPTER 1.pdf
Download (98kB)
10. CHAPTER 2.pdf
Download (269kB)
11. CHAPTER 3.pdf
Download (128kB)
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (181kB)
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (89kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (173kB)
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (35kB)
Abstract
Umumnya, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan menjadi guru Bahasa Inggris ketika lulus. Menariknya, ada beberapa mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang lebih tertarik untuk mengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi para mahasiswa bahasa Inggris dalam mengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari dua mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas internasional yang berlokasi di Kepulauan Riau, Indonesia. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara semi terstruktur melalui Zoom meeting. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006) dan berdasar pada jenis-jenis motivasi yang dijelaskan pada teori determinasi diri (Ryan & Deci, 2000). Temuan penelitian mengungkapkan bahwa partisipan memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Secara intrinsik, para partisipan merasa senang, nyaman, dan secara inheren merasa puas dengan proses mengajar Bahasa Indonesia kepada para penutur asing. Secara ekstrinsik, para partisipan memiliki motivasi untuk melakukan komunikasi antarbudaya agar mendapatkan pengalaman berbicara dengan para penutur asing serta ingin mempromosikan bahasa Indonesia dan budaya Indonesia.
Kata kunci: Motivasi, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, BIPA
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 07:03 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 07:03 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2105 |
