DESAIN PEMBELAJARAN PEMUSATAN DATA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK

FAUZIAH, NUUROH (2024) DESAIN PEMBELAJARAN PEMUSATAN DATA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 14. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran pada materi pemusatan data dengan model probem based learning mealui perancangan HLT
mencangkup materi mean, median dan modus. Pendekatan pembelajaran dirancang dengan menggunakan konteks pembagian coklat batang untuk konsep mean serta durasi
belajar siswa untuk memahami median dan modus sehingga menghasilkan learning trajectory dan capaian literasi numerasi yang baik. Metode yang digunakan adalah design
research yang terdiri dari tiga tahapan: Preliminary Design, Design Experiment dan Retrospective Analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
merekam proses pembelajaran, tes literasi numerasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak dua kelas, yaitu
kelas VIIK sebagai kelas pilot experiment dan kelas VIIF sebagai kelas teaching experiment. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1)Penggunaan konteks ukuran coklat
batang dan durasi belajar siswa dalam pembelajaran pemusatan data berperan dalam mempresentasikan dan memfasilitasi peserta didik dalam memahami materi pemusatan
data. (2a)Learning Trajectory mean: (i)Mathematical Word Orientation:Mengaitkan konsep matematika dengan konteks pembagian coklat batang; (ii)Model Material:Memecahkan masalah dengan menggunakan data kongkret ;(iii)Bulding Stone
Number: menganalisis data untuk menemukan rata rata ;(iv)Formal Natotion: Merumuskan konsep mean secara formal. (2b)Learning Trajectory median dan modus:
(i)Mathematical Word Orientation: mengaitkan konsep median dan modus melaui konteks durasi belajar siswa; (ii)Model Material:Memodelkan data dengan mengurutkan
durasi belajar; (iii)Building Stone Number:Menganalisis data untuk menemukan pola; (iv)Formal Notation:Menyimpulkan dan merumuskan median dan modus secara formal.
(3)Capaian literasi numerasi peserta didik pada siklus pilot experiment 68,9% dan pada siklus teaching experiment 86,2%.

Kata kunci: Desain Research, Pemusatan Data , Learning Trajectory , Problem Based Learning , Literasi Numerasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 27 Oct 2025 07:17
Last Modified: 27 Oct 2025 07:17
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item
View Item