FAUZIAH, NUUROH (2024) DESAIN PEMBELAJARAN PEMUSATAN DATA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (87kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (41kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (8kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (73kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (86kB)
7. BAB 1.pdf
Download (137kB)
8. BAB 2.pdf
Download (288kB)
9. BAB 3.pdf
Download (316kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (886kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (184kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (83kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran pada materi pemusatan data dengan model probem based learning mealui perancangan HLT 
mencangkup materi mean, median dan modus. Pendekatan pembelajaran dirancang dengan menggunakan konteks pembagian coklat batang untuk konsep mean serta durasi 
belajar siswa untuk memahami median dan modus sehingga menghasilkan learning trajectory dan capaian literasi numerasi yang baik. Metode yang digunakan adalah design 
research yang terdiri dari tiga tahapan: Preliminary Design, Design Experiment dan Retrospective Analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, 
merekam proses pembelajaran, tes literasi numerasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak dua kelas, yaitu 
kelas VIIK sebagai kelas pilot experiment dan kelas VIIF  sebagai kelas teaching experiment. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1)Penggunaan konteks ukuran coklat 
batang dan durasi belajar siswa dalam pembelajaran pemusatan data berperan dalam mempresentasikan dan memfasilitasi peserta didik dalam memahami materi pemusatan 
data. (2a)Learning Trajectory mean: (i)Mathematical Word Orientation:Mengaitkan  konsep matematika dengan konteks pembagian coklat batang; (ii)Model Material:Memecahkan masalah dengan menggunakan data kongkret ;(iii)Bulding Stone 
Number: menganalisis data untuk menemukan rata rata ;(iv)Formal Natotion: Merumuskan konsep mean secara formal. (2b)Learning Trajectory  median dan modus: 
(i)Mathematical Word Orientation: mengaitkan konsep median dan modus melaui konteks durasi belajar siswa; (ii)Model Material:Memodelkan data dengan mengurutkan 
durasi belajar; (iii)Building Stone Number:Menganalisis data untuk menemukan pola; (iv)Formal Notation:Menyimpulkan dan merumuskan median dan modus secara formal. 
(3)Capaian literasi numerasi peserta didik pada siklus pilot experiment 68,9% dan pada siklus teaching experiment 86,2%.
 
Kata kunci:   Desain Research, Pemusatan Data , Learning Trajectory , Problem Based Learning , Literasi Numerasi
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:17 | 
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:17 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/203 | 
