LESTARI, PRITA ADITYA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PRODUCTIVE DISPOSITION. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (82kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (258kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (53kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (7kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (106kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (195kB)
7. DAFTAR TABEL.pdf
Download (185kB)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (185kB)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (186kB)
10. BAB 1.pdf
Download (249kB)
11. BAB 2.pdf
Download (296kB)
12. BAB 3.pdf
Download (515kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (918kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (236kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
17. DAFTAR RIWAYAT PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi peserta didik
ditinjau dari productive disposition. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket productive
disposition, tes kemampuan numerasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu angket productive disposition dan soal kemampuan numerasi. Subjek
dalam penelitian ini sebanyak tiga orang dari kelas IX B SMP Negeri 20 Tasikmalaya
yaitu dua orang dengan kategori productive disposition tinggi, tiga orang dengan kategori
productive disposition sedang, dan satu orang dengan kategori productive disposition
rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah peserta didik dengan productive
disposition tinggi (S3) mampu memenuhi semua indikator kemampuan numerasi dengan
benar dan sistematis hingga menarik kesimpulan dengan tepat. Peserta didik dengan
productive disposition sedang (S10) mampu memenuhi semua indikator kemampuan
numerasi dengan baik meskipun terdapat kesalahan dalam hasil perhitungan. Peserta
didik dengan productive disposition rendah (S21) mampu memenuhi semua indikator
kemampun numerasi tetapi strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal kurang
tepat.
Kata kunci: Analisis, Kemampuan Numerasi, Productive Disposition
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 04:33 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 04:33 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1899 |
