FADILLAH, ARTI FATIHATUL (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN (PODE) BERBANTUAN LIVEWORKSHEET PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. Cover.pdf
Download (175kB)
02. Lembar pengesahan.pdf
Download (735kB)
03. Lembar Pernyataan.pdf
Download (808kB)
04. ABSTRAK.pdf
Download (236kB)
05. Kata Pengantar.pdf
Download (775kB)
06. Ucapan Terimakasih.pdf
Download (189kB)
07. Daftar Isi.pdf
Download (225kB)
08. BAB 1.pdf
Download (209kB)
09. BAB 2.pdf
Download (473kB)
10. Bab 3.pdf
Download (1MB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
12. Daftar Pustaka.pdf
Download (214kB)
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
14. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (135kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena keterbatasan kegiatan praktikum di laboratorium yaitu keterbatasan ruangan laboratorium, alat dan bahan praktikum. Selain itu, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan memvisualisasi konsep momentum dan impuls. Oleh karena itu, peneliti berupaya untuk memberikan solusi alternatif dengan mengembangkan E-LKPD berbasis model pembelajaran PODE menggunakan Liveworksheet pada momentum dan impuls. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa E LKPD yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik moving class XI SMA Negeri 1 Karangnunggal. Kelayakan E-LKPD diukur dengan melakukan validasi meliputi ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah hasil validasi adalah indeks Aiken’s V. Kepraktisan E-LKPD diukur dengan melakukan penyebaran angket kepraktisan kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah hasil uji praktikalitas dengan menghitung nilai rata-rata praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks aiken’s V ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 0,97 dan 0,98 dengan kategori sangat valid serta rata-rata persentase kepraktisan sebesar 98% dengan kriteria sangat praktis. E-LKPD berbasis model pembelajaran PODE berbantuan liveworksheet pada materi momentum dan impuls yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: E-LKPD, Liveworksheet, Momentum dan Impuls, PODE.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QP Physiology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 04:20 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 04:20 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/171 |
