PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN (PODE) BERBANTUAN LIVEWORKSHEET PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

FADILLAH, ARTI FATIHATUL (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN (PODE) BERBANTUAN LIVEWORKSHEET PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. Cover.pdf] Text
01. Cover.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 02. Lembar pengesahan.pdf] Text
02. Lembar pengesahan.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of 03. Lembar Pernyataan.pdf] Text
03. Lembar Pernyataan.pdf

Download (808kB)
[thumbnail of 04. ABSTRAK.pdf] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 05. Kata Pengantar.pdf] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of 06. Ucapan Terimakasih.pdf] Text
06. Ucapan Terimakasih.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 07. Daftar Isi.pdf] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 08. BAB 1.pdf] Text
08. BAB 1.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 09. BAB 2.pdf] Text
09. BAB 2.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 10. Bab 3.pdf] Text
10. Bab 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of 12. Daftar Pustaka.pdf] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 13. Lampiran.pdf] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 14. Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
14. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena keterbatasan kegiatan praktikum di laboratorium yaitu keterbatasan ruangan laboratorium, alat dan bahan praktikum. Selain itu, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan memvisualisasi konsep momentum dan impuls. Oleh karena itu, peneliti berupaya untuk memberikan solusi alternatif dengan mengembangkan E-LKPD berbasis model pembelajaran PODE menggunakan Liveworksheet pada momentum dan impuls. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa E LKPD yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik moving class XI SMA Negeri 1 Karangnunggal. Kelayakan E-LKPD diukur dengan melakukan validasi meliputi ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah hasil validasi adalah indeks Aiken’s V. Kepraktisan E-LKPD diukur dengan melakukan penyebaran angket kepraktisan kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah hasil uji praktikalitas dengan menghitung nilai rata-rata praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks aiken’s V ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 0,97 dan 0,98 dengan kategori sangat valid serta rata-rata persentase kepraktisan sebesar 98% dengan kriteria sangat praktis. E-LKPD berbasis model pembelajaran PODE berbantuan liveworksheet pada materi momentum dan impuls yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: E-LKPD, Liveworksheet, Momentum dan Impuls, PODE.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 27 Oct 2025 04:20
Last Modified: 27 Oct 2025 04:20
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item
View Item