Aemy, Nandhitta (2025) ARCHIVETECTURE: IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY 3D BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA VISUALISASI ARSITEKTUR. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (193kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf
Download (324kB)
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf
Download (373kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (390kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (450kB)
6. ABSTRACT.pdf
Download (492kB)
7. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf
Download (505kB)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Download (299kB)
9. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, SOURCE CODE DAN LAMPIRAN.pdf
Download (251kB)
10. BAB I.pdf
Download (375kB)
11. BAB II.pdf
Download (935kB)
12. BAB III.pdf
Download (495kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (358kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (331kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, perangkat mobile mengalami transformasi signifikan, terutama di industri jasa konstruksi, di mana keberlanjutan dan produktivitas menjadi perhatian utama. Augmented Reality (AR) memungkinkan interaksi antara dunia nyata dan maya, membuka peluang baru untuk memahami dan memvisualisasikan desain arsitektur dalam bentuk tiga dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan potensi AR dalam menghadirkan presentasi desain arsitektur secara lebih interaktif, menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), serta memanfaatkan teknologi Unity 3D, Vuforia SDK, dan Google SketchUp. Penelitian ini menerapkan metode pengambilan sampel Purposive Sampling (Judgment Sampling) dan Accidental Sampling (Convenience Sampling) untuk pengujian beta testing menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan melibatkan responden yang terdiri dari pemilik, manajer, staf, hingga calon pembeli di PT. Alexandria Realtindo pada rentang waktu 10 Oktober 2024 hingga 4 November 2024. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dihasilkan mampu mengatasi keterbatasan visualisasi dua dimensi dengan menyajikan model 3D yang realistis, sehingga pengguna dapat memahami detail desain secara realistis. Pengujian alpha testing menggunakan metode Boundary Value Analysis (BVA) menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi stabil tanpa kendala. Pengujian beta testing dengan metode System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor rata-rata 82,4 yang melebihi nilai ambang batas, termasuk dalam kategori "Acceptable" pada Acceptability Ranges, dengan grade scale "B" (Good). Selain itu, hasil adjective ratings menempatkan aplikasi ini dalam kategori "Excellent", menunjukkan pengalaman pengguna yang sangat positif dan memuaskan. Dengan hasil ini, aplikasi ARchivetecture telah diterima dengan baik oleh pengguna dan memenuhi standar yang diharapkan. Aplikasi ini tidak hanya menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan visualisasi desain arsitektur, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap efisiensi dan kepuasan pengguna di industri jasa konstruksi.
Kata Kunci: Arsitektur, AR, BVA, SUS, Visualisasi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TR Photography |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 04:08 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 04:08 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/169 |
