SALSABRINA, ALDA (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Nurul Falah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (2MB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (2MB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (2MB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (2MB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (2MB)
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (6MB)
7. BAB 1.pdf
Download (2MB)
8. BAB 2.pdf
Download (2MB)
9. BAB 3.pdf
Download (3MB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII adalah menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur. Kedua
kompetensi dasar tersebut telah dipelajari oleh peserta didik, namun hasil yang diperoleh peserta didik masih belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model
pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur pada peserta didik kelas VII MTs Nurul
Falah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes untuk memperoleh data yang diperlukan. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus I pada aspek pengetahuan
pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur terdapat 21 orang peserta didik (77,78%) sudah mencapai KKM. Pada siklus II seluruh peserta didik (100%) telah berhasil mencapai KKM. Dalam pembelajaran menyajikan teks prosedur pada siklus I terdapat 20 orang peserta didik (74,08%) sudah mencapai KKM. Pada siklus II seluruh peserta didik (100%) telah berhasil mencapai KKM yang telah
ditetapkan sekolah, yaitu 70. Setelah data dinilai dan dihitung secara statistika menggunakan Uji Normalitas.
Hasil uji menunjukkan data berdistribusi tidak normal. Sehingga data yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil uji tersebut, baik untuk aspek pengetahuan maupun keterampilan, diketahui hasil W hitung (0) < (lebih kecil) daripada W tabel (81,8). Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Mind Mapping
dapat meningkatkan dalam kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur pada peserta didik kelas VII di MTs Nurul Falah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Artinya, hipotesis penelitian diterima dan
terbukti kebenarannya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:02 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 02:02 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/135 |
