Mustika, Irma (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERPLEXITY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (214kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (188kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (198kB)
4. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (174kB)
5. ABSTRAK & ABSTRACK.pdf
Download (280kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (235kB)
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (314kB)
8. BAB 1.pdf
Download (267kB)
9. BAB 2.pdf
Download (581kB)
10. BAB 3.pdf
Download (1MB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (472kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (233kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (239kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan perplexity terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan desain penelitian menggunakan the macthing only posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X MIPA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik sampel diambil secara purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebanyak 36 peserta didik dan X MIPA 2 sebanyak 36 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda sebanyak 29 soal dengan menggunakan instrumen literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan pada uji normalitas menggunakan uji kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji levene dan uji hipotesis menggunakan uji t independen pada software SPSS 26 for windows dengan hasil menunjukkan bahwa nilai yang signifikans sebesar 0,000<0,05 dengan demikian Ho di tolak artinya terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan perplexity terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran biologi. Maka dapat dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penerapan model problem based learning berbantuan perplexity terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran biologi di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Perplexity, Literasi Sains;
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 01:44 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 01:44 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/131 |
