PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERPLEXITY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Mustika, Irma (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERPLEXITY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
4. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK & ABSTRACK.pdf] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACK.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan perplexity terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan desain penelitian menggunakan the macthing only posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X MIPA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik sampel diambil secara purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebanyak 36 peserta didik dan X MIPA 2 sebanyak 36 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda sebanyak 29 soal dengan menggunakan instrumen literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan pada uji normalitas menggunakan uji kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji levene dan uji hipotesis menggunakan uji t independen pada software SPSS 26 for windows dengan hasil menunjukkan bahwa nilai yang signifikans sebesar 0,000<0,05 dengan demikian Ho di tolak artinya terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan perplexity terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran biologi. Maka dapat dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penerapan model problem based learning berbantuan perplexity terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran biologi di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Perplexity, Literasi Sains;

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 27 Oct 2025 01:44
Last Modified: 27 Oct 2025 01:44
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item
View Item