FITRIANTI, ASTRI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ISPRING SUITE 11 DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PELUANG. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (232kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (153kB)
3. LEMBAR REVISI.pdf
Download (189kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (413kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (222kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (181kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (252kB)
8. BAB I.pdf
Download (307kB)
9. BAB II.pdf
Download (482kB)
10. BAB III.pdf
Download (455kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (226kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (219kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (127kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan iSpring Suite 11 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada materi peluang serta respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) dengan model PPE (Planning, Production, Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket gaya belajar, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket gaya belajar, lembar validasi ahli, dan angket respon peserta didik. Sumber data berasal dari ahli materi dan ahli media serta peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 12 Tasikmalaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil validasi, media pembelajaran interaktif dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase masing masing sebesar 97% dan 89%. Penilaian dari ahli materi berupa kesesuaian media yang dikembangkan dengan kualitas isi dan tujuan, sedangkan penilaian yang diberikan oleh ahli media berupa kesesuaian media dengan kualitas teknis dari media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Sedangkan, hasil dari angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori “sangat praktis”, artinya peserta didik memberikan penilaian sangat baik terhadap kepraktisan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan.
Kata kunci: iSpring Suite 11, Media Pembelajaran Interaktif, Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi, PPE, Peluang
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:32 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:32 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1257 |
