PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ISPRING SUITE 11 DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PELUANG

FITRIANTI, ASTRI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ISPRING SUITE 11 DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PELUANG. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR REVISI.pdf] Text
3. LEMBAR REVISI.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan iSpring Suite 11 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada materi peluang serta respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) dengan model PPE (Planning, Production, Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket gaya belajar, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket gaya belajar, lembar validasi ahli, dan angket respon peserta didik. Sumber data berasal dari ahli materi dan ahli media serta peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 12 Tasikmalaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil validasi, media pembelajaran interaktif dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase masing masing sebesar 97% dan 89%. Penilaian dari ahli materi berupa kesesuaian media yang dikembangkan dengan kualitas isi dan tujuan, sedangkan penilaian yang diberikan oleh ahli media berupa kesesuaian media dengan kualitas teknis dari media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Sedangkan, hasil dari angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori “sangat praktis”, artinya peserta didik memberikan penilaian sangat baik terhadap kepraktisan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan.

Kata kunci: iSpring Suite 11, Media Pembelajaran Interaktif, Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi, PPE, Peluang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:32
Last Modified: 14 Nov 2025 06:32
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item
View Item