ANALISIS LITERASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DAN QUANTITY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

KUSUMAH, DWI PUTRI (2025) ANALISIS LITERASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DAN QUANTITY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 14. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf] Text
14. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA pada konten change and relationship dan quantity ditinjau dari gaya belajar. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII K SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang dipilih berdasarkan dominasi gaya belajar setiap tipenya yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket gaya belajar, tes literasi matematis pada soal PISA konten change and relationship dan quantity, serta wawancara. Instrumen tes yang digunakan yaitu angket gaya belajar, soal PISA pada konten change and relationship dan quantity, dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, subjek dengan gaya belajar visual (S-21) pada indikator merumuskan (formulate), mampu mengetahui informasi pada soal, maksud dan tujuan soal, serta hubungan antar informasi. Pada indikator menggunakan (employ), mampu mengetahui konsep, menerapkan fakta, tetapi tidak mampu menerapkan prosedur dengan tepat karena subjek tidak teliti dalam melakukan prosedur penyelesaian soal, Subjek dengan gaya belajar auditorial (S-16) pada indikator merumuskan (formulate), mampu mengetahui informasi pada soal, hubungan antar informasi, tetapi tidak mampu mengetahui maksud dan tujuan soal. Pada indikator menggunakan (employ), mampu mengetahui konsep, menerapkan fakta, tetapi tidak mampu menerapkan prosedur dengan tepat karena subjek lebih bergantung pada intruksi verbal yang didengarnya. Pada indikator menafsirkan (interpret) mampu merefleksikan solusi matematika dan mampu menarik kesimpulan. Subjek dengan gaya belajar kinestetik (S-11) pada indikator merumuskan (formulate), mampu mengetahui informasi pada soal, mengetahui maksud dan tujuan soal, mengetahui hubungan antar informasi. Pada indikator menggunakan (employ), mampu mengetahui konsep, menerapkan fakta, dan prosedur dengan tepat. Pada indikator menafsirkan (interpret) mampu merefleksikan solusi matematika dan menarik kesimpulan.

Kata kunci: Analisis, Literasi Matematis, Change and Relationship,Quantity, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: dewi dewi dewi
Date Deposited: 11 Nov 2025 02:24
Last Modified: 11 Nov 2025 02:24
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item
View Item