KUSUMAH, DWI PUTRI (2025) ANALISIS LITERASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DAN QUANTITY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (83kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (453kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (75kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (9kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (79kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (63kB)
7. BAB 1.pdf
Download (144kB)
8. BAB 2.pdf
Download (372kB)
9. BAB 3.pdf
Download (135kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (675kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (32kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (155kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
14. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA pada konten change and relationship dan quantity ditinjau dari gaya belajar. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII K SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang dipilih berdasarkan dominasi gaya belajar setiap tipenya yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket gaya belajar, tes literasi matematis pada soal PISA konten change and relationship dan quantity, serta wawancara. Instrumen tes yang digunakan yaitu angket gaya belajar, soal PISA pada konten change and relationship dan quantity, dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, subjek dengan gaya belajar visual (S-21) pada indikator merumuskan (formulate), mampu mengetahui informasi pada soal, maksud dan tujuan soal, serta hubungan antar informasi. Pada indikator menggunakan (employ), mampu mengetahui konsep, menerapkan fakta, tetapi tidak mampu menerapkan prosedur dengan tepat karena subjek tidak teliti dalam melakukan prosedur penyelesaian soal, Subjek dengan gaya belajar auditorial (S-16) pada indikator merumuskan (formulate), mampu mengetahui informasi pada soal, hubungan antar informasi, tetapi tidak mampu mengetahui maksud dan tujuan soal. Pada indikator menggunakan (employ), mampu mengetahui konsep, menerapkan fakta, tetapi tidak mampu menerapkan prosedur dengan tepat karena subjek lebih bergantung pada intruksi verbal yang didengarnya. Pada indikator menafsirkan (interpret) mampu merefleksikan solusi matematika dan mampu menarik kesimpulan. Subjek dengan gaya belajar kinestetik (S-11) pada indikator merumuskan (formulate), mampu mengetahui informasi pada soal, mengetahui maksud dan tujuan soal, mengetahui hubungan antar informasi. Pada indikator menggunakan (employ), mampu mengetahui konsep, menerapkan fakta, dan prosedur dengan tepat. Pada indikator menafsirkan (interpret) mampu merefleksikan solusi matematika dan menarik kesimpulan.
Kata kunci: Analisis, Literasi Matematis, Change and Relationship,Quantity, Gaya Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | dewi dewi dewi |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 02:24 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 02:24 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1079 |
