PENGARUH SELF DIRECTED LEARNING DAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SILIWANGI

FATAH, ALDINOVA NOOR (2025) PENGARUH SELF DIRECTED LEARNING DAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SILIWANGI. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 2. lembar pengesahan.pdf] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of 3. lembar pernyataan.pdf] Text
3. lembar pernyataan.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4. abstrak.pdf] Text
4. abstrak.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 5. kata pengantar.pdf] Text
5. kata pengantar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 6. daftar isi.pdf] Text
6. daftar isi.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of 7. daftar tabel, daftar gambar.pdf] Text
7. daftar tabel, daftar gambar.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 8. bab 1.pdf] Text
8. bab 1.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 9. bab 2.pdf] Text
9. bab 2.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of 10. bab 3.pdf] Text
10. bab 3.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of 11. bab 4.pdf] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[thumbnail of 12. bab 5.pdf] Text
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[thumbnail of 13. daftar pustaka.pdf] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 14. lampiran.pdf] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 15. daftar riwayat hidup.pdf] Text
15. daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor utama yang harus dimiliki oleh pelajar tak terkecuali mahasiswa. Namun dari hasil pra-penelitian, motivasi yang ditemukan masih rendah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self directed learning dan penggunaan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian berjumlah 494 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 221 mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Universitas Siliwangi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) self directed learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar; (2) penggunaan AI dalam pembelajaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar; (3) self directed learning dan penggunaan AI dalam pembelajaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan perolehan nilai koefisien determinasi sebesar 0,377. Artinya kontribusi dari variabel indpenden terhadap motivasi belajar adalah 37,7% dan sisanya 62,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci : Self Directed Learning, Artificial Intelligence, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: dewi dewi dewi
Date Deposited: 10 Nov 2025 07:31
Last Modified: 10 Nov 2025 07:31
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item
View Item