RAHMAN, DEDE (2024) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERITA INSPIRATIF DALAM BUKU MERANTAU (KISAH INSPIRATIF MERAIH SUKSES DI TANAH RANTAU) DAN PEMANFAATANYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA INSPIRATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (937kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (1MB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (915kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (1MB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (1MB)
7. BAB 1.pdf
Download (1MB)
8. BAB 2.pdf
Download (1MB)
9. BAB 3.pdf
Download (1MB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (921kB)
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dapat tidaknya
teks cerita inspiratif dalam buku Merantau (Kisah Inspiratif Meraih Sukses di Tanah
Rantau) dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di kelas IX SMP. Metode penelitian
yang penulis gunakan adalah metode deskriptif analitis yang merupakan metode
penelitian yang bertujuan untuk mendeskripskan suatu objek yang ada dan terjadi saat
itu dalam rangka menjawab suatu permasalahan penelitian, yang secara analitis
mendeskripsikan struktur dan kebahasaan teks cerita inspiratif. Data yang diperoleh
dikumpulkan dengan teknik wawancara, teknik studi pustaka, teknik dokumentasi dan
teknik tes. Data tentang pengambilan bahan ajar, permasalahan bahan ajar, pemilihan
teks, respon siswa dalam pembelajaran terhadap bahan ajar yang digunakan
dikumpulkan dengan teknik wawancara. Teknik studi pustaka dan dokumentasi
digunakan untuk memperoleh data struktur dan kebahasaan teks cerita inspiratif dalam
buku Merantau. Sumber data penelitian berjumlah 36 sumber data dan 4 data (sampel)
yang dianalisis. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil uji coba LKPD
oleh peserta didik secara langsung.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keempat teks cerita inspiratif pada
penelitian ini memiliki struktur dan kebahasaan teks cerita inspiratif yang lengkap serta
memiliki tingkat keterbacaan yang sesuai dengan peserta didik kelas IX SMP dan juga
sesuai dengan kompetensi dasar 3.12 menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita
inspiratif. Kesesuaian ini didukung oleh hasil validasi melalui uji ahli dan uji empiris
melalui uji coba secara langsung bahan ajar teks cerita inspiratif pada peserta didik.
Hal ini menunjukan bahan ajar teks cerita inspiratif dalam buku Merantau (Kisah
Inspiratif Meraih Sukses di Tanah Rantau) dapat digunakan sebagai alternatif bahan
ajar di kelas IX SMP.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 03:19 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 03:19 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/102 |
