Karina, Fitria (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Yapida Cisayong Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (24kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (232kB)
3. Lembar pernyataan.pdf
Download (192kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (78kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (81kB)
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (229kB)
7. BAB I.pdf
Download (228kB)
8. BAB II.pdf
Download (331kB)
9. BAB III.pdf
Download (332kB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (939kB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (315kB)
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII
adalah teks eskplanasi pada kompetensi menelaah struktur dan kaidah kebahasaan
teks eksplanasi serta menulis teks eksplanasi. Namun kenyataannya masih banyak
peserta didik yang belum menguasai keterampilan menelaah struktur dan kaidah
kebahasaan serta menulis teks eksplanasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meningkatkan kemampuan menelaah
struktur dan kaidah kebahasaan serta menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas
VIII SMP Yapida Cisayong tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang
digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi.
Berdasarkan data yang penulis peroleh, terbukti adanya peningkatan pada hasil
belajar peserta didik. Pada komptensi dasar menelaah struktur dan kaidah kebahasaan
siklus kesatu yang sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
berjumlah 12 orang (44%) dan yang belum mencapai berjumlah 15 orang (56%).
Pada kompetensi dasar menulis teks eksplanasi yang sudah mencapai nilai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) berjumlah 13 orang (48%) dan yang belum mencapai
berjumlah 14 orang (52%). Sedangkan siklus kedua pada kompetensi dasar
pengetahuan dan keterampilan seluruh peserta didik (100%) telah mencapai nilai
KKM.
Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Whitung < Wtabel. Hal ini menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data pada siklus kesatu dengan data
pada siklus kedua. Artinya, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
mampu meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta
menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Yapida Cisayong tahun
ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 03:13 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 03:13 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/101 |
