MELANI, PANI (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT COPILOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Ciamis, Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1_COVER.pdf
Download (252kB)
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (487kB)
3_LEMBAR PERTAHANKAN SKRIPSI.pdf
Download (457kB)
4_LEMBAR KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (305kB)
5_ABSTRAK.pdf
Download (275kB)
6_ABSTRACT.pdf
Download (275kB)
7_KATA PENGANTAR.pdf
Download (224kB)
8_UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (182kB)
9_DAFTAR ISI.pdf
Download (240kB)
10_DAFTAR TABEL.pdf
Download (233kB)
11_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (229kB)
12_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (222kB)
13_BAB 1.pdf
Download (349kB)
14_BAB 2.pdf
Download (993kB)
15_BAB 3.pdf
Download (1MB)
16_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
17_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (265kB)
18_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (253kB)
20_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (192kB)
19_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan Microsoft Copilot terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2024/2025 dengan populasinya adalah seluruh kelas X yang terdiri dari dua belas kelas dan sampel diambil berdasarkan purposive sampling sehingga terpilih kelas XE-2 sebagai kelas eksperimen dan XE-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 10 soal uraian dan tes hasil belajar kognitif sebanyak 31 soal pilihan majemuk. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah di kelas eksperimen sebesar 33,17 dan skor rata rata posttest kemampuan pemecahan masalah di kelas kontrol sebesar 26,81. Adapun untuk skor rata-rata posttest hasil belajar kognitif di kelas eksperimen yaitu sebesar 25,31 dan skor rata-rata posttest hasil belajar kognitif di kelas kontrol yaitu sebesar 23,22. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan uji Ancova dan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya H₀ ditolak. Sehingga, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan Microsoft Copilot terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 2 Ciamis.
Kata kunci: Discovery Learning; Microsoft Copilot; Kemampuan Pemecahan Masalah; Hasil Belajar Kognitif; Ekosistem
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:51 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:51 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1001 |
