PARHANNUDIN, PARHANNUDIN (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Konsep Perdagangan Internasional Kelas XI IPS SMAN 2 Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (41kB) |
|
Text
02 Pengesahan.pdf Download (401kB) |
|
Text
03 Pernyataan.pdf Download (175kB) |
|
Text
04 Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
05 Abstract.pdf Download (115kB) |
|
Text
06 Kata Pengantar.pdf Download (118kB) |
|
Text
07 Ucapan Terimakasih.pdf Download (77kB) |
|
Text
08 Daftar Isi.pdf Download (102kB) |
|
Text
09 Daftar Tabel.pdf Download (10kB) |
|
Text
10 Daftar Gambar.pdf Download (6kB) |
|
Text
11 DAFTAR Lampiran.pdf Download (16kB) |
|
Text
12 BAB I.pdf Download (149kB) |
|
Text
13 BAB II.pdf Download (141kB) |
|
Text
13 BAB II.pdf Download (141kB) |
|
Text
14 BAB III.pdf Download (224kB) |
|
Text
15 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
Text
16 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
17 Daftar Pustaka.pdf Download (142kB) |
|
Text
18 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 2 Ciamis yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain menggunakan non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk esai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 2 Ciamis pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 143 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 36 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi konsep perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi konsep perdagangan internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) < 5% atau 0.05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model discovery learning berbantuan media mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Discovery Learning, Mind Mapping
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 00:48 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 00:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9929 |
Actions (login required)
View Item |