Priyanto, Muhammad Alifiananda (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE COUPLE DISCUSS LEARNING TERHADAP CRITICAL THINKING (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (46kB) |
|
Text
pegesahan.pdf Download (215kB) |
|
Text
PERYATAAN.pdf Download (94kB) |
|
Text
lembaran revisi.pdf Download (179kB) |
|
Text
ABTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (105kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASI.pdf Download (107kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (28kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (24kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (117kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (225kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (239kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 4 Tasikmalaya yaitu critical thinking peserta didik, hal tersebut dilihat dari pengamatan selama PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Inovasi metode pembelajaran yang digunakan adalah metode couple discuss learning, dimana metode ini merupakan sebuah metode diskusi berpasangan 2-3 kelompok anggota yang beranggotakan laki-laki dan perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest berbentuk essai. Populasi dalam penelitian ini adalah XI IPS di SMAN 4 Tasikmalaya dengan sampel dua kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel nonprobabilty sampling yaitu purposive sampling. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model problem based learning dengan metode couple discuss learning terhadap critical thinking dengan mata pelajaran ekonomi, materi perdagangan internasional. Berdasarkan hasil dari penelitian menjelaskan bahwasannya terdapat peningkatan dari penerapan model problem based learning dengan metode couple discuss learning terhadap critical thinking peserta didik, yang dapat dilihat dari hasil hipotesis yang menyatakan Ha diterima jika nilai sig (2-tailed) <5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya model problem based learning dengan metode couple discuss learning mampu meningkatkan critical thinking peserta didik. Kata Kunci: Couple Discuss Learning, Problem Based Learning, Critical Thinking
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 02:14 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 02:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9928 |
Actions (login required)
View Item |