ANALISIS PERENCANAAN JEMBATAN STRUKTUR RANGKA BAJA DENGAN PEMODELAN TIPE WARREN TRUSS

RIJAL FAUZI, MOCHAMAD (2019) ANALISIS PERENCANAAN JEMBATAN STRUKTUR RANGKA BAJA DENGAN PEMODELAN TIPE WARREN TRUSS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Draft TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Jembatan merupakan suatu struktur yang dibuat untuk menghubungkan suatu daerah dengan daerah lainnya yang dibatasi oleh suatu hambatan berupa sungai, jurang, rel kereta api, dan sebagainya. Jembatan rangka baja tipe warren truss merupakan salah satu jembatan yang banyak ditemukan di Indonesia. Jembatan tipe ini memiliki keunggulan mudah dalam proses konstruksinya, selain itu jembatan rangka baja ini dinilai lebih menguntungkan hal ini dikarenakan batang- batang rangka baja tersebut hanya menerima gaya aksial tekan atau tarik saja. Komponen jembatan rangka baja tipe warren truss ini sendiri terdiri dari rangka baja induk yang membentuk trapesium (terdiri dari serangkaian segitiga), gelagar memanjang- melintang, ikatan angin. Sambungan, dan komponen jembatan lainnya. Metode analisa struktur jembatan rangka baja tipe warren truss ini menggunakan program SAP.2000.v.14 selanjutnya dilakukan perbandingan dengan membuat pemodelan jembatan menggunakan bahan dasar stik es krim, setelah itu akan di uji di laboratorium dan diberikan pembebanan, sehingga akan dilihat hasil titik kerusakan jembatan akan sama atau tidak dengan pemodelan di SAP.2000 v.14 Bangunan jembatan rangka baja tipe warren truss ini direncanakan menggunakan bantuan program SAP.2000 v.14 untuk perhitungan pembebanan. Pembahasan perencanaan konstruksi jembatan hanya menganalisis struktur atas. Jembatan yang direncanakan mengacu pada Pedoman standar bangunan atas jembatan No.07/BM/2005 yakni kelas A – 50 meter Perencanaan struktur baja pada konstruksi jembatan ini yakni menggunakan pipa Ø 89,1 mm (BJ-37) untuk tiang sandaran, Profil IWF 450 x 200 x 9 x 14 untuk perencanaan gelagar memanjang, Profil IWF 700 x 300 x 13 x 24 untuk gelagar melintang, Profil baja IWF. 175 x 175 x 7,5 x 11 untuk perencanaan ikatan angin dan.Profil baja IWF. 350 x 350 x 12 x 19 untuk struktur rangka utama . Untuk sambungan nya sendiri menggunakan sambungan baut mutu tinggi (HTB A325).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:10
Last Modified: 17 Sep 2019 04:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item View Item