Sulistiawati, Dewi (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (109kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (229kB) |
|
Text
03. PERNYATAAN.pdf Download (206kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (231kB) |
|
Text
06. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR GRAFIK, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (114kB) |
|
Text
07. BAB I.pdf Download (199kB) |
|
Text
08. BAB II.pdf Download (254kB) |
|
Text
09. BAB III.pdf Download (226kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Walaupun demikian, pada kenyataanya peserta didik kelas VII SMPN 2 Ciledug Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023 belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Ciledug Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran KD 3.2, terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang (43,75%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 18 orang (56,25%). Pada pembelajaran KD 4.2, terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 13 orang (40,62%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 19 orang (59,37%). Pada siklus kedua hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, berdasarkan hasil perbandingan dengan menggunakan Uji Wilcoxon, baik kompetensi pengetahuan maupun keterampilan, di peroleh hasil W (hitung) (0) < W (tabel) (126,28). Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Ciledug Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:50 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9690 |
Actions (login required)
View Item |