IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL KELAS MULTIKULTURAL DALAM UPAYA MEMBANGUN INTEGRASI SOSIAL MASYARAKAT (Suatu Kajian Geografi Budaya di Kampung Nusantara Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran)

Nurhayati, Eva (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL KELAS MULTIKULTURAL DALAM UPAYA MEMBANGUN INTEGRASI SOSIAL MASYARAKAT (Suatu Kajian Geografi Budaya di Kampung Nusantara Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
TESIS_EVA_198103002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK EVA NURHAYATI, Tesis, 2021. Implementasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Kelas Multikultural dalam Upaya Membangun Integrasi Sosial Masyarakat Kampung Nusantara. Program Studi Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Dibawah Bimbingan Prof. Dr. H. Yus Darusman, M. Si dan Dr. Iman Hilman, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola adaptasi peserta didik Kelas multikultural di Kampung Nusantara, implementasi nilai-nilai kearifan lokal pada kelas multikultural dan bentuk integrasi sosial masyarakat Kampung Nusantara dengan peserta didik kelas multikultural. Kampung Nusantara merupakan kampung yang unik, penduduk asli disana hidup berdampingan dengan pendatang dari berbagai unsur suku dan budaya yang berbeda. Mereka merupakan pelajar kelas multikultural di SMK Bakti Karya Parigi yang mendapatkan beasiswa pendidikan sebagai perwakilan dari 34 Provinsi. Fokus penelitian untuk mengetahui implementasi nilai-nilai kearifan lokal kelas multikultural di Kampung Nusantara Dusun Cikubang Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Motode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif pendekatan studi kasus, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan: pola adaptasi peserta didik di Kampung Nusantara melalui adaptasi lingkungan budaya Religi/kepercayaan, adaptasi lingkungan alam dan adaptasi lingkungan sosial. Implementasi nilai-nilai kearifan lokal pada kelas multikulrural nampak pada kegiatan sehari-hari dan kegiatan tahunan yaitu pada saat digelarnya acara Festival 28 Bahasa Nusantara, Ulang tahun komunitas Belajar Sabalad dan acara Gelar Pamit. Bentuk integrasi sosial masyarakat Kampung Nusantara dengan peserta didik kelas multikultural di desa Cintakarya Kecamatan Parigi yaitu proseduralis dan asimilasionis. Faktor�faktor yang mempengaruhi integrasi sosial masyarakat di Kampung Nusantara terdiri dari; adanya sikap toleransi terhadap kebudayaan yang berbeda, adanya sikap terbuka terhadap perubahan, adanya kesadaran bahwa manusia sebagai mahluk sosial, adanya sikap positif terhadap kebudayaan lain, dan adanya kesamaan dalam unsur-unsur kebudayaan. Kata Kunci: kearifan lokal, kelas multikultural,integrasi sosial

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:14
Last Modified: 06 Jul 2023 02:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9601

Actions (login required)

View Item View Item