SYAHDEA, SINTA RAUDHIA ZAHRA (2023) PROGRAM PARENTING MELALUI SEKOLAH ORANG TUA SANTRI DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK (Studi pada Program Parenting di PAUD IT Ihya Assunnah Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (123kB) |
|
Text
3.LEMBAR PENGUJI.pdf Download (79kB) |
|
Text
4.LEMBAR PERNYATAAN KE ASLIAN.pdf Download (100kB) |
|
Text
6.ABSTRAK.pdf Download (116kB) |
|
Text
7.KATA PENGANTAR.pdf Download (274kB) |
|
Text
8.DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (332kB) |
|
Text
9.BAB I.pdf Download (391kB) |
|
Text
10.BAB II.pdf Download (366kB) |
|
Text
11.BAB III.pdf Download (224kB) |
|
Text
12.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
Text
13.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
|
Text
15.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK SINTA RAUDHIA ZAHRA SYAHDEA. 2022. (PROGRAM PARENTING MELALUI SEKOLAH ORANG TUA SANTRI DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK. STUDI PADA PROGRAM PARENTING DI PAUD IT IHYA ASSUNNAH KOTA TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pendidikan anak usia dini adalah sebuah Tindakan dan upaya yang dilakukan oleh orang tua dan pendidik/guru dalam mengasuh, merawat dan mendidik dengan cara menciptakan lingkungan dimana anak dapat menjelajahi pengalaman yang memberikan ilmu dan wawasan terhadap pengalaman belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah orang tua santri dalam meningkatkan pendidikan anak. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, dan penarikan kesimpulan. fokus penelitian yaitu pelaksanaan program sekolah orang tua santri. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan program sekolah orang tua santri sudah sesuai dengan 10 patokan pendidikan masyarakat dengan warga belajar yang merupakan orang tua santri. Pelaksanaan program dilaksanakan berdasarkan beberapa sesi kegiatan diantaranya sesi materi mengenai karakter pendidik yang baik, bermain yang menyenangkan, tahap perkembangan anak dimulai dari usia lahir hingga usia 7 tahun, seven essensial skill and multiple intelligent yang diberikan langsung oleh kepala sekolah Paud sebagai sumber belajar, sesi observasi, sesi simulasi dan sesi diskusi. Dengan biaya yang berasal dari biaya pendaftaran dan menggunakan seluruh sarana yang disediakan oleh sekolah sesuai dengan kebutuhan. Simpulan dari penelitian ini yaitu program sekolah orang tua santri dilaksanakan oleh Paud IT Ihya Assunnah dengan berdasarkan kebutuhan para orang tua terkait pola asuh dan pola didik dimana dalam proses pembelajaran nya warga belajar mendapatkan solusi terkait permasalahan mengenai pola asuh dan pola didik di rumah sehingga setelah mengikuti program adanya perubahan dalam perkembangan dan karakter anak. Kata Kunci: Pendidikan Nonformal, Parenting, Pendidikan Anak .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 01:56 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 01:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9408 |
Actions (login required)
View Item |