EVALUASI PENERAPAN MODEL KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 TASIKMALAYA PADA MATA PELAJARAN PJOK (Studi Deskriptif Kualitatif di SMK Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

SOPIANI, SYIFA (2023) EVALUASI PENERAPAN MODEL KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 TASIKMALAYA PADA MATA PELAJARAN PJOK (Studi Deskriptif Kualitatif di SMK Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
04. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (272kB)
[img] Text
07. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (151kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
09. BAB 1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (694kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (569kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK SYIFA SOPIANI. 2023. Evaluasi Penerapan Model Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Tasikmalaya pada Mata Pelajaran PJOK. Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pemerintah dalam merancang kurikulum merdeka sebagai pemulihan pembelajaran sudah sangat baik tetapi belum tentu setiap sekolah mampu menerapkannya dengan baik sehingga perlu adanya evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi penerapan model kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Tasikmalaya pada mata pelajaran PJOK menggunakan model CIPP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari wakil kepala kurikulum, 4 orang guru PJOK dan 4 orang peserta didik dengan penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi konteks mengenai indikator tujuan dan sasaran serta indikator kekuatan sudah terpenuhi, namun terdapat indikator kelemahan mengenai kurangnya konsistensi guru dalam melakukan pembelajaran. Evaluasi masukan pada indikator struktur kurikulum, kompetensi guru PJOK, peserta didik, dan bahan ajar sudah terpenuhi dan berjalan dengan baik, tetapi pada indikator ketersediaan sarana prasarana masih belum menunjang keberlangsungan pembelajaran PJOK. Evaluasi proses yang meliputi indikator pelaksanaan dan pelaksanaan penilaian sudah berjalan dengan baik, namun kreativitas guru harus ditingkatkan. Evaluasi produk pada indikator pencapaian program sudah terpenuhi dan mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, namun masih harus dilakukan pembenahan dalam sistem pembelajaran yang digunakan serta pengoptimalan fasilitas dalam menunjang pembelajaran PJOK. Kata Kunci: Evaluasi, Model CIPP, Kurikulum Merdeka, PJOK

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 May 2023 05:49
Last Modified: 30 May 2023 05:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9332

Actions (login required)

View Item View Item