WAFA, ASRI SOFIA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA YAB Sukaratu). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (192kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (68kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH (2).pdf Download (52kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (6kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (115kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (565kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (308kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (613kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (752kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
Abstract
ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS Oleh Asri Sofia Wafa 172153007 Model pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mencapai proses belajar mengajar yang aktif. Akan tetapi pada penerapannya di sekolah guru kurang bervariasi dalam mengunakan model pembelajaran, akibatnya siswa merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga aktivitas siswa tidak lagi terfokus terhadap materi yang diajarkan, dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah model pembelajaran inkuiri terbimbing diterapkan kepada siswa pada materi fluida statis. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMA YAB Sukaratu, Kab. Tasikmalaya yang berjumlah 58 orang. Untuk meningkatkan hasil belajar pada materi fluida statis maka diberikan tindakan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar fisika pada materi fluida statis didapatkan dengan metode tes. Data dianalisis dengan metode analisis kuantitatif. Dari hasil penelitian observasi aktivitas guru siklus I diperoleh persentase sebesar 75% pada kategori baik, siklus II 84,2% pada kategori baik sekali yang menunjukan peningkatan dari tahap sebelumnya. Hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I 71%, dan pada siklus II menjadi 89,4%. Sedangan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I rata-rata nilai secara keseluruhan mencapai 63,58% dan siklus II mencapai 77,79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida statis dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA SMA YAB Sukaratu Kab. Tasikmalaya. Kata kunci: Fluida Statis, Hasil Belajar, dan Model Inkuiri Terbimbing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 19 May 2023 07:25 |
Last Modified: | 19 May 2023 07:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9165 |
Actions (login required)
View Item |