KERAGAAN SALURAN PEMASARAN BIJI PALA HITAM KERING

AGUSTINA, LENSA (2019) KERAGAAN SALURAN PEMASARAN BIJI PALA HITAM KERING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
BISMILLAH COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BISMILLAH KATA PENGANTAR.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BISMILLAH DAFTAR ISI REVISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BISMILLAH BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BISMILLAH BAB II.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BISMILLAH BAB III REVISI Fiks.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BISMILLAH BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BISMILLAH BAB V REVISI PENELAAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BISMILLAH BAB VI SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
BISMILLAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Pala merupakan komoditas perkebunan bernilai ekonomis tinggi, dan hampir keseluruhan bagian tanaman dapat dimanfaatkan, seperti biji, bunga (fuli),dan daging buah, digunakan untuk industri-industri makanan dan minuman, pengawetan ikan, kecantikan (kosmetik dan parfum), pembuatan sabun dan obat herbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran, besar margin pemasaran, dan farmer’s share. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Cikadongdong Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode survei. Data yang diperoleh melalui teknik wawancara kepada petani dan lembaga pemasaran. Metode pengambilan sampel secara snowball sampling. Sampel petani yang diambil sebanyak 30 orang petani pala sedangkan sampel pedagang terdiri dari 6 orang, 2 orang pedagang pengumpul desa, 1 orang pedagang pengumpul kabupaten, 1 orang pedagang besar, 2 orang pedagang pengecer. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa di dalam pemasaran biji pala hitam kering dari Desa Cikadongdong sampai Kota Tasikmalaya terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu saluran I dua tingkat (petani – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen akhir), saluran II tiga tingkat (petani – pedagang pengumpul desa – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen akhir), dan saluran III tiga tingkat (petani – pedagang pengumpul desa – pedagang pengumpul kabupaten – pedagang pengecer – konsumen akhir). Margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp. 20.000,-, farmer’s share atau bagian harga yang diterima petani sebesar 66,67 persen. Margin pemasaran pada saluran II sebesar Rp. 30.000,-, farmer’s share sebesar 50,00 persen dan margin pada saluran III sebesar Rp. 30.000,-, farmer’s share sebesar 50,00 persen. Kata Kunci : Pala, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s share

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:20
Last Modified: 12 Sep 2019 01:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item