ANALISIS PENGARUH PERGERAKAN MARKER PADA AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING

Apriansyah, Trisan (2022) ANALISIS PENGARUH PERGERAKAN MARKER PADA AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER TA.pdf

Download (60kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (279kB)
[img] Text
03. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
04. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
06. ABSTRACT.pdf

Download (51kB)
[img] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (96kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
09. DAFTAR TABEL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (31kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (614kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (87kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi berperan sangat penting dalam mendorong aktivitas manusia, begitu pula dalam perkembangan teknologi Augmented reality. Augmented reality (AR) merupakan suatu upaya untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat melalui komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis karena teknologi ini mengizinkan penggunanya untuk berinteraksi secara real-time dengan sistem. Augmented reality memerlukan target penanda atau yang biasa disebut dengan marker sebagai acuan sistem untuk memunculkan objek 3D. Namun dalam prosesnya pendeteksian marker pada augmented reality seringkali terdapat tingkat ke stabilan yang rendah. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa proses pendeteksian marker yang bergerak pada performa aplikasi augmented reality. Parameter yang digunakan dalam pengujian antara lain adalah kecepatan pergerakan marker secara bolak-balik dalam lintasan lurus sepanjang 35 cm. Kecepatan pergerakan ditentukan menjadi empat kategori yaitu 145cm/s, 97cm/s, 87cm/s dan 73cm/s. Jarak antara kamera dengan marker dibagi menjadi beberapa jarak yaitu 40cm, 50cm, 60cm dan 70cm. Berdasarkan hasil pengujian ditemukanlah bahwa proses pergerakan marker berpengaruh pada pendeteksian marker dan stabilitas objek 3D. Kecepatan ideal pendeteksian marker bergerak ada pada jarak 73cm/s-97cm/s dan objek 3D relatif stabil pada kecepatan marker yang rendah serta jarak yang dekat. Objek 3D dapat tampil pada kecepatan pergerakan yang tinggi dan jarak yang jauh namun tidak stabilitas objek 3D kurang baik. Kata kunci— Augmented Reality, Jarak, Kecepatan, Marker Based Tracking, Stabilitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:53
Last Modified: 09 Feb 2023 07:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8479

Actions (login required)

View Item View Item