NOVITA, DILLA DELIYA (2022) KORELASI SELF REGULATED LEARNING DAN SELF EFFICACY DENGAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_COVER.pdf Download (98kB) |
|
Text
Dilla_Lembar Pengesahan.pdf Download (106kB) |
|
Text
Dilla_Pernyataan.pdf Download (85kB) |
|
Text
4_ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
|
Text
Dilla_Kata Pengantar.pdf Download (127kB) |
|
Text
Dilla_Ucapan Terima Kasih.pdf Download (200kB) |
|
Text
6_BAB 1.pdf Download (153kB) |
|
Text
7_BAB 2.pdf Download (171kB) |
|
Text
8_BAB 3.pdf Download (466kB) |
|
Text
9_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
|
Text
10_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
11_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text
12_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK DILLA DELIYA NOVITA. 2022. Korelasi Self Regulated Learning dan Self Efficacy dengan Metakognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Metakognitif merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam pendidikan di abad 21. Setiap peserta didik dapat memiliki kemampuan metakognitif yang berbeda-beda. Hal ini karena metakognitif dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah self regulated learning dan self efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi self regulated learning dan self efficacy dengan metakognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dipilih menggunakan teknik purposive sampling yakni kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) untuk mengukur metakognitif peserta didik, angket self regulated learning untuk mengukur self regulated learning peserta didik, dan angket self efficacy untuk mengukur self efficacy peserta didik. Analisis data menggunakan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi yang signifikan antara self regulated learning dan self efficacy dengan metakognitif peserta didik dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,807 yang artinya hubungan ketiga variabel tersebut termasuk dalam korelasi sangat kuat. Selain itu diperoleh nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,652 yang berarti bahwa variabel self regulated learning dan self efficacy memberikan kontribusi sebesar 65,2% terhadap metakognitif peserta didik. Sisanya yakni 34,8% merupakan variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sehingga terdapat korelasi sangat kuat yang signifikan antara self regulated learning dan self efficacy dengan metakognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi. Kata kunci: metakognitif, self regulated learning, self efficacy
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 00:53 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 00:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8003 |
Actions (login required)
View Item |