PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, ANSWERING (RQA) Enhancement of Student’s Critical Thinking Skill on Reading, Questioning, Answering (RQA) Learning Models

Dwifani, Tazkia Mulya and Suprapto, Purwati Kuswarini and Mustofa, Romy Faisal (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, ANSWERING (RQA) Enhancement of Student’s Critical Thinking Skill on Reading, Questioning, Answering (RQA) Learning Models. Biosper. ISSN 978-602-9250-40-4

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, ANSWERING (RQA).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penting bagi peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Dengan berpikir kritis peserta didik mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan. Namun dalam proses pembelajarannya, kemampuan berpikir kritis belum diberdayakan secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada model pembelajaran Reading, Questioning, Answering (RQA) pada sub konsep Sistem Saraf Manusia di kelas XI MIA SMA Negeri Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan bentuk pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIA SMA Negeri Tasikmalaya sebanyak 5 kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 173 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis peserta didik berbentuk esai yang terdiri dari 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5%. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 4,00 berada di daerah penolakan H0. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada model pembelajaran RQA pada sub konsep Sistem Saraf Manusia di kelas XI MIA SMA Negeri Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: Berpikir Kritis, RQA, Sistem Saraf

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi > Artikel Dosen Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:54
Last Modified: 27 Dec 2022 06:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7908

Actions (login required)

View Item View Item