HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN LITERASI SAINS PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA

Lestari, Chyntia Anggita and Mustofa, Romy Faisal and Hernawati, Diana (2020) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN LITERASI SAINS PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 8 (2). pp. 20-25. ISSN 2621-5594

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN LITERASI SAINS PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Literasi sains adalah kemampuan individu untuk mencurahkan perhatian pada topik-topik yang terkait sains dan gagasan-gagasan sains sebagai wujud refleksi individu. Literasi sains penting dimiliki agar peserta didik mampu memenuhi berbagai tuntutan zaman yaitu menjadi problem solver. Hal penting lain yang harus dimiliki selain literasi sains yaitu self efficacy (keyakinan diri). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan literasi sains pada materi ekosistem di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas X MIPA 6 dan X MIPA 7 dengan jumlah 60 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yaitu instrumen self efficacy yang peneliti buat sendiri dengan indikator yang dikemukakan oleh Albert Bandura yaitu magnitude,strength dan generality. Untuk instrumen literasi sainsnya diadopsi dari penelitian Novianur dengan indikator yang dikemukakan PISA yaitu mengidentifikasi permasalahan ilmiah, menjelaskan fenomena alam secara ilmiah, menggunakan bukti ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy memiliki hubungan yang kuat dengan literasi sains. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,749 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 56,2%.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi > Artikel Dosen Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:13
Last Modified: 27 Dec 2022 06:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7902

Actions (login required)

View Item View Item