NOERDIANASARI, WIDYANTI (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Gunungapi di Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Banjarsari). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (40kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (176kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) |
|
Text
12. BAB 1 Fix.pdf Download (192kB) |
|
Text
13. BAB 2 Fix.pdf Download (491kB) |
|
Text
14. BAB 3 Fix.pdf Download (516kB) |
|
Text
15. BAB 4 Fix.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
16. BAB 5 Fix.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menyerap materi yang disampain oleh guru mata pelajaran geografi di kelas X SMAN 1 Banjarsari Kabupaten Ciamis. Hal tersebut diduga disebabkan oleh kejenuhan siswa dalam proses belajar dengan model pembelajaran yang biasa digunakan yaitu ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajara kooperatif tipe picture and picture terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas X IPS 4 SMAN 1 Banjarsari. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, studi literatur, studi dokumentasi, dan tes. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X IPS sebanyak 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan didapatkan 2 kelas penelitian yang dibagi kedalam kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu kelas X IPS 1 dan X IPS 4. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di kelas eksperimen dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu : penyajian materi pengantar oleh guru, penyediaan gambar yang berkaitan dengan materi, mengurutkan gambar yang telah disiapkan dan tahapan akhir yaitu pemberian alasan atas gambar yang telah diurutkan. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar di SMA Negeri 1 Banjarsari pada kelas eksperimen dari rata-rata skor awal sebesar 18,78 menjadi 28.84. Perbandingan hasil belajar kognitif menunjukan bahwa kelas eksperimen atau X IPS 4 memiliki perolehan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol atau kelas X IPS 1. Dengan demikian siswa diharapkan mampu berperan aktif dalam menanggapi materi yang disampaikan dan mampu menjelaskan kembali materi dengan baik menggunakan bahasa sendiri. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Picture and Picture, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 06:43 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 06:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/786 |
Actions (login required)
View Item |