YULISTANIA, GANITA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVAR.pdf Download (82kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (60kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (24kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (125kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (30kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (94kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (608kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK GANITA YULISTANIA. 2022. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap bahan ajar komik pada materi aritmetika sosial berbantuan flip pdf professional yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Richey and Klein yaitu PPE (planning, production, and evaluation). Pada tahap perencanaan yaitu melakukan analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Pada tahap produksi membuat struktur navigasi, membuat papan cerita (storyboard), membuat perancangan desain, dan membuat sintak pembelajaran. Pada tahap evaluasi yaitu melakukan validasi ahli materi, validasi ahli media, melakukan revisi bahan ajar komik sampai bahan ajar komik dikatakan layak oleh ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik terhadap bahan ajar komik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner/angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara semi terstruktur, angket penilaian kelayakan bahan ajar komik, dan angket respon peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli materi, dua ahli media, dan peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 4 Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini yaitu bahan ajar komik pada materi aritmetika sosial berbantuan flip pdf professional. Bahan ajar komik dinilai sangat layak oleh ahli materi dan ahli media. Respon peserta didik terhadap bahan ajar komik yang dikembangkan mendapatkan respon yang positif yaitu membuat peserta didik dapat memahami materi aritmetika sosial, peserta didik merasa senang dengan bahan ajar komik yang disajikan, peserta didik termotivasi untuk semangat dalam belajar. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar komik, flip pdf professional, aritmetika sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:05 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7783 |
Actions (login required)
View Item |