PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Singaparna Tahun Ajaran 2018 - 2019)

PUTRI HADIYATI, KEMALA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Singaparna Tahun Ajaran 2018 - 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf

Download (351kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera di kelas XI MIPA SMAN 1 Singaparna. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juni 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna sebanyak 8 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi sistem indera. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji anacova. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera di kelas XI MIPA SMAN 1 Singaparna. Kata kunci: Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE), berpikir kritis, hasil belajar, sistem indera

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:13
Last Modified: 05 Sep 2019 02:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item