NISA, PURNAMA AINUN (2022) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA (Studi Survei pada Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Akademik 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (593kB) |
|
Text
3_PERNYATAAN.pdf Download (5kB) |
|
Text
4_ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text
5_KATA PENGANTAR.pdf Download (75kB) |
|
Text
6_DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (113kB) |
|
Text
7_BAB 1.pdf Download (85kB) |
|
Text
8_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
Text
9_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
Text
10_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text
11_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text
13_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Purnama Ainun Nisa. 2022. HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA Hasil studi pendahuluan menemukan bahwa kurangnya motivasi peserta didik dalam mencari sumber belajar madiri, minat membaca, dan memahami konsep fisika menyebabkan capaian hasil belajar kognitif peserta didik rendah. Temuan tersebut perlu dibuktikan lebih jauh dengan data terkait hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gerak parabola. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket (kuesioner), tes hasil belajar kognitif, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMAN 5 Tasikmalaya yang berjumlah 253 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan sampel yang digunakan sebanyak 106 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua, yakni hasil belajar kognitif peserta didik sebagai variabel terikat (Y) dan motivasi belajar peserta didik sebagai variabel bebas (X). Angket motivasi belajar dan soal tes hasil belajar kognitif dibagikan secara online menggunakan program Google Form, kemudian untuk proses analisis data menggunakan program Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gerak parabola dengan kategori sedang yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0.523 dengan tingkat hubungan sebesar 27% yang berarti sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: hasil belajar kognitif, materi gerak parabola, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 00:28 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 00:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7380 |
Actions (login required)
View Item |