PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENI MENGGAMBAR (MOTORIK HALUS) PADA TEMA BINATANG

ROSALINA, NOPI (2014) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENI MENGGAMBAR (MOTORIK HALUS) PADA TEMA BINATANG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. KASET.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh pemikiran bahwa penerapan kegiatan pembelajaran menggambar yang benar dapat meningkatkan kreatifitas anak usia dini. Kreativitas anak perlu dikembangkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan Kreativitas adalah melalui kegiatan pembelajaran seni menggambar (motorik halus). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A PAUD Nurul Faidah Kp. Panyingkiran Desa Pameutingan Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Secara umum tujuan penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai penerapan kegiatan pembelajaran menggambar dalam upaya meningkatkan kreativitas anak, dalam aspek anak mampu berfikir mandiri, mampu berimajinasi dengan baik, rasa ingin tahu yang tinggi serta rasa percaya diri yang tinggi. Adapun secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai apakah kreativitas anak usia dini dapat dikembangkan melalui pembelajaran seni di PAUD Nurul Faidah. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, rekan observer, guru/ tutor dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A PAUD PAUD Nurul Faidah Kp. Panyingkiran Desa Pameutingan Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2013/2014, yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi; (b) tes; dan (c) angket. Prosedur penelitian tindakan meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi terhadap tindakan, dan (d) refleksi terhadap tindakan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran menggambar dalam upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dengan materi yang disajikan bertema binatang, dengan materinya yaitu menyambungkan titik-titik (pola) sehingga membentuk pola gambar dilanjutkan dengan menebalkan pola gambar tersebut Dalam pembelajaran siklus II, materi yang disajikan bertema binatang dengan materi materinya yaitu mewarnai dan memperindah gambar menjadi sebuah gambar binatang yang utuh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran menggambar dapat meningkatkan kreativitas anak dengan dibuktikan oleh perolehan nilai pada waktu sebelum siklus sebesar 33,3 %, pada waktu siklus I sebesar 66,7 % dan pada waktu siklus II sebesar 94,4 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:51
Last Modified: 04 Sep 2019 02:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item