PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE BERBASIS ANDRAGOGI TERHADAP KEAKTIFAN WARGA BELAJAR PAKET C (Penelitian di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat GEMA Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)

JAYANTI, MINANGUN (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE BERBASIS ANDRAGOGI TERHADAP KEAKTIFAN WARGA BELAJAR PAKET C (Penelitian di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat GEMA Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraan Think Pair and Share berbasis andragogi terhadap keaktifan warga belajar paket C. Model pembelajaran Think Pair and Share merupakan model pembelajaran kooperatif yakni suatu aktivitas pembelajaran untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik agar dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir dan dalam kegiatankegiatan belajar, dimana aktivitas pembelajaran berpusat pada peserta didik, yakni mempelajari materi pelajaran serta berdiskusi untuk memecahkan masalah. Dalam penelitian model Pembelajaran Think Pair and Share berbasis Andragogi ini adalah model pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi warga belajar pada saat pembelajaran didalam kelas. Teknik pembelajaran yang mengkehendaki aktivitas warga belajar untuk berpikir mandiri (think), kemudian berpasangan atau berdiskusi dengan satu kelompok (pair) dan berbagi dengan semua kelompok atau warga belajar lain (share). Variabel dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Think Pair and Share berbasis andragogi sebagai variabel independen (X) dan Keaktifan Warga Belajar sebagai variabel dependen (Y). Pada Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 68 orang warga belajar yang terdiri dari paket C kelas X 14 orang, 20 orang kelas XI, dan 34 orang warga belajar kelas XII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Interview (wawancara), Kuesioner (angket), observasi. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian melalui SPSS.0.16 pada kolom Model Summary dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai R (korelasi) sebesar 0.851 atau 85.1% dengan pengaruh sebesar 72.5% yang ditunjukan pada kolom R Square/ R² atau korelasi yang di kuadratkan yang bernilai 0.725. Kata Kunci: Think Pair and Share, Andragogi, Keaktifan, dan Warga Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:49
Last Modified: 04 Sep 2019 02:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item