PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MEDIA GAMBAR POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Warga Belajar Paket C Kelas XII Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cerdik Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya)

MELAWATI, ISNA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MEDIA GAMBAR POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Warga Belajar Paket C Kelas XII Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cerdik Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABTRAK + DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BABI SAMPAI BAB AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media gambar powerpoint pada mata pelajaran sosiologi. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang di lakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dengan waktu dua kali 24 menit. Subjek penelitian ini warga belajar kelas XII PKBM Cerdik yang berjumlah 16 warga belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses penelitian yang di laksanakan dua siklus, masing masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang di lakukan maka dapat di simpulkan bahwa penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar Sosiologi dengan menggunakan media gambar powerpoint pada paket C PKBM Cerdik. Hasil belajar saat pra tindakan rata-rata kelas 68 untuk ketuntasan ada 6 warga belajar atau belum tuntas ada 10 warga belajar hal ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan media gambar powerpoint hasil proses belajar yang mengalami peningkatan siklus satu dengan nilai 74 sedangkan Siklus dua 79. Hasil belajar yang di peroleh warga belajar dari siklus satu dan siklus dua mengalami peningkatan dengan nilai rata rata yang di peroleh siklus satu 74 dan siklus dua 83. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi dari segi proses belajar dan hasil belajar. Selain itu keaktifan warga belajar dalam mengikuti pembelajaran meningkat. Hai ini di tandai dengan meningkatnya keaktifan warga belajar dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Kata Kunci: Hasil belajar, media gambar powerpoint

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:47
Last Modified: 04 Sep 2019 02:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item