Nur Fikriyah, Fitri (2018) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ORANGTUA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KARAKTER ( Studi Pada Orangtua siswa PAUD ALPHABET Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (13kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (190kB) |
|
Text
6.DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (420kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (223kB) |
|
Text
11.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Text
13. daftar pustaka.pdf Download (166kB) |
Abstract
Model pembelajaran pendidikan karakter bagi orangtua siswa dengan menggunakan media kartu karakter bertempat di PAUD ALPHABET Kota Tasikmalaya yang menitik beratkan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan orang tua, sehingga dapat meningkat pengetahuan dan keterampilan untuk dapat melakukan pendidikan karakter melalui media kartu karakter. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui bagaimana proses model pembelajaran pendidikan karakter bagi orang tua siswa menggunakan media kartu karakter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan secara terus menerus pada orangtua siswa baik sebeelum menggunakan media kkartu karakter, ataupun pada saat menggunkaan media kartu karakter dan setelah menggunkan media kartu karakter. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan wawancara kepada orangtua siswa Paud ALPHABET. Sumber data adalah orang tua, sejumlah 13 orang serta data berupa data dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu dengan tahapan Data Collecting (pengumpulan data), Data reduction( reduksi data ), Data Disply( penyajian data), Klasifikasi Data( penarikan kesimpulan dan verifikasi). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran pendidikan karakter menggunakan media kartu karakter dapat menambah wawasan orangtua mengenai pendidikan karakter. Selain itu model pembelajaran ini dapat menambah keyakinan orang tua dalam menanamkan karakter kemandirian dan tanggung jawab pada anak, yaitu dengan membiarkan anaknya melakukan tugasnya dengan tanpa bantuan orang lain sehingga akan menumbuhkan karakter tanggung jawab yang dimiliki anak. Keywords: Media Kartu Karakter, Model Pembelajaran, Pendidikan Karakter.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 02:46 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 02:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/721 |
Actions (login required)
View Item |