PEMBINAAN ORANG TUA PESERTA DIDIK PAKET C OLEH PKBM GEMA DALAM RANGKA PENDIDIKAN KELUARGA (Studi Pada Program Pendidikan Keluarga Untuk Orang Tua Peserta Didik Paket C Di PKBM GEMA Jalan Benda No. 72, Cikalang Tawang Tasikmalaya)

GUSTIANINGSIH, SELVI (2017) PEMBINAAN ORANG TUA PESERTA DIDIK PAKET C OLEH PKBM GEMA DALAM RANGKA PENDIDIKAN KELUARGA (Studi Pada Program Pendidikan Keluarga Untuk Orang Tua Peserta Didik Paket C Di PKBM GEMA Jalan Benda No. 72, Cikalang Tawang Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER SELVI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penanganan anak berkebutuhan khusus pada pendidikan inklusif di PAUD Nimas At-Taqwa Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pengelola, Guru Kelas dan Guru Pendamping. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi subjek, triangulasi waktu, triangulasi tempat dan triangulasi teknik. Temuan hasil penelitian ini adalah penanganan anak berkebutuhan khusus di PAUD Nimas At-Taqwa Kabupaten Tasikmalaya adalah dengan cara mengidentifikasi, mengasesmen dan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus adalah dengan memberikan motivasi agar anak menjadi semangat dikelas, lebih banyak berkomunikasi kepada anak, menyiapkan alat dan bahan untuk pembelajaran. Sistem evaluasi dari hasil pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dilaksanakan secara berkesinambungan dan objektif, APE Indoor dan Outdoor, sedangkan beberapa penghambat dalam penyelenggaraan program pendidikan inklusif adalah kurikulum yang masih kaku dalam pengaplikasiannya, tidak adanya guru pendamping khusus yang mengerti tentang pendidikan khusus, pandangan negatif masyarakat mengenai pendidikan inklusif serta tidak adanya dana penyelenggaraan pendidikan inklusif dari pemerintah. Dalam menghadapi semua penghambat yang ada guru maupun kepala sekolah mempunyai solusi dengan tetap memberikan situasi yang kondusif di kelas inklusif untuk anak berkebutuhan khusus tersebut. Harapan penulis semoga hasil penelitian ini bisa menjadi gambaran bagi lembaga-lembaga lain yang ingin menyelenggarakan program pendidikan inlusif di PAUD. Kata kunci : Penanganan, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:45
Last Modified: 04 Sep 2019 02:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item