PENGGUNAAN BIOGRAFI K.H. AHMAD SANUSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH MATERI PERAN TOKOH PROKLAMASI DI KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 2 KOTA SUKABUMI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022

HIDAYAH, NABILAH SAIDAH NURUL (2022) PENGGUNAAN BIOGRAFI K.H. AHMAD SANUSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH MATERI PERAN TOKOH PROKLAMASI DI KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 2 KOTA SUKABUMI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (190kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (155kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK NABILAH. 2022. PENGGUNAAN BIOGRAFI K.H. AHMAD SANUSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH MATERI PERAN TOKOH PROKLAMASI DI KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 2 KOTA SUKABUMI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penggunaan biografi K.H. Ahmad Sanusi sebagai sumber belajar sejarah materi Peran Tokoh Proklamasi di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Kota Sukabumi tahun ajaran 2021/ 2022. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan setting naturalistik yang diuraikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipatif menggunakan pedoman berupa lembar observasi, wawancara terstruktur menggunakan pedoman wawancara yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan pada saat wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Kota Sukabumi dan guru mata pelajaran sejarah. Sedangkan objek penelitian ini yaitu penggunaan biografi K.H. Ahmad Sanusi sebagai sumber belajar sejarah. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman, berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa, pada tahap perencanaan guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pada tahap pelaksanaan guru menyajikan materi Peran Tokoh Proklamasi menggunakan metode ceramah dan diskusi melalui media google meeting dan menggunakan media power point. Terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran sejarah menggunakan biografi K.H. Ahmad Sanusi, guru kesulitan menentukan sumber belajar dan membaca serta memahami sumber belajar yang akan disampaikan kepada peserta didik, peserta didik mengalami keterbatasan dalam sumber belajar atau referensi mengenai Biografi K.H. Ahmad Sanusi. Solusi yang dilakukan oleh Guru adalah menggunakan perencanaan dan persiapan pembelajaran yang baik. Guru menentukan metode, media, dan sumber belajar yang tepat bagi peserta didik untuk digunakan pada pembelajaran jarak jauh. Metode ceramah dan diskusi serta penugasan kepada peserta didik dapat membantu peserta didik untuk terlibat dalam mencari informasi dan pengalaman. Kata Kunci: Biografi, K.H. Ahmad Sanusi, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:27
Last Modified: 03 Nov 2022 06:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7179

Actions (login required)

View Item View Item