Rodiah, Diah (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas 8G SMP Negeri 1 Bayongbong tahun ajaran 2012-2013). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (20kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (189kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB 1 BU DIAH REVISI.pdf Download (206kB) |
|
Text
BAB 2 BU DIAH REVISI.pdf Download (251kB) |
|
Text
BAB 3 BU DIAH REVISI.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB 4 BU DIAH REVISI.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
Text
BAB 5 BU DIAH REVISI.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
Abstract
Tingkat motivasi belajar siswa tidak sama. Motivasi belajar merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Kurangnya motivasi belajar tersebut dapat terlihat dari beberapa fenomena diantaranya; kurang siapnya mengikuti pelajaran di kelas, sering tidak mengerjakan PR, dan sering bolos saat mengikuti pelajaran matematika. Hal-hal tersebut mengakibatkan tidak tercapainya hasil yang diharapkan. Dari nilai rapor semester ganjil tahun ajaran 2012-2013, nilai rata-rata matematika kelas 8-G adalah 69,86. Nilai ini berada dibawah nilai KKM yang seharusnya , yaitu 70. Ada 12 siswa yang tidak tuntas karena nilainya dibawah KKM. Skor motivasi mereka 13,5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas 8-G SMP Negeri 1 Bayongbong. Ini dapat dilihat dari score motivasi dan nilai matematika siswa sebelum dan sesudah dilakukan konseling kelompok. Diharapkan dengan meningkatknya motivasi belajar siswa akan dapat mengdongkrak hasil belajar yang diharapkan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 8-G SMP Negeri 1 Bayongbong pada bulan April – Desember 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dilakukan konseling kelompok, persentase siswa kelas 8-G yang memiliki motivasi dalam belajar hanya 13.5%. Setelah konseling kelompok pada siklus pertama, mengalami peningkatan menjadi 37.8% dan setelah siklus dua menjadi 67.6%. Nilai ratarata pelajaran matematika sebelum konseling adalah 69.87. Setelah siklus pertama, score rata-ratanya menjadi 72.30, dan setelah siklus kedua menjadi 74.59. Pada siklus pertama siswa masih merasa asing dengan layanan kelompok. Oleh karena itu, pembimbing terus berusaha mengarahkan dan membimbing siswa dalam kegiatan konseling kelompok. Pada siklus kedua, komunikasi, kreatifitas, aktivitas, serta kerjasama siswa semakin menunjukan hasil yang baik dan meningkat. Dari hasil pelaksanaan tindakan siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas 8-G SMP Negeri 1 Bayongbong Kabupaten Garut. Kata Kunci: Motivasi Belajar dan Konseling Kelompok
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 07:41 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 07:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/712 |
Actions (login required)
View Item |