HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ( Studi pada warga belajar di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya )

RAVIATUL ULFHI, AZKYA (2018) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ( Studi pada warga belajar di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dirumuskan masalah tentang adanya hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendekripsikan hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada keinginan belajar, sehingga tujuan yang kehendaki itu tercapai. Prestasi belajar merupakan bukti yang telah dicapai oleh seseorang. Metode yang digunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan dekriptif korelasional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Populasi sekitar 90 orang namun sampel yang diambil secara random hanya 35 orang. Hasil dari penelitian dan perhitungan didapatkan data hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar yaitu sekitar 0,994 dan pengaruhnya hanya 0,988 saja. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dari hasil yang diperoleh yang dihitung lewat aplikasi SPSS versi 16 motivasi belajar dengan prestasi belajar hubungan nya sangat kuat sekitar 0,994 dan pengaruhnya hanya sekitar 0,988 saja namun signifikan ada hubungan yang positif dan hasil uji normalitasnya juga data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara motivasi belajar dengan prestasi belajar di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya. Artinya apabila motivasi belajar siswa baik maka prestasi belajar yang diperoleh siswa juga akan baik, sedangkan apabila motivasi belajar siswa masih kurang baik maka prestasi belajar yang diperoleh siswa akan kurang baik pula. Dan dukungan dari dari luar sekolah atau dari motivasi ekstrinsik sangat mempengaruhi kepada semangat belajar para warga belajar. Kata kunci : motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 07:08
Last Modified: 03 Sep 2019 07:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item