PENERAPAN ANDRAGOGI OLEH TUTOR KESETARAAN PAKET C DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR (Studi Pada Kelompok Belajar Paket C di SKB Kota Tasikmalaya)

SYAHRUDIN, AHMAD (2019) PENERAPAN ANDRAGOGI OLEH TUTOR KESETARAAN PAKET C DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR (Studi Pada Kelompok Belajar Paket C di SKB Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Pengesahan, pernyataan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, daftar lampiran, data riwayat h~1.pdf

Download (658kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penerapan andragogi oleh tutor kesetaraan paket C dalam meningkatkan motivasi belajar pada warga belajar bertempat di SKB kota Tasikmalaya yang menitik beratkan terhadap motivasi warga belajar semakin meningkat untuk mengikuti proses pembelajaran dan menumbuhkan keinginan yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimanakah Penerapan Andragogi Oleh Tutor Kesetaraan Paket C Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar paket C di SKB Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi dilakukan secara terus menerus pada tutor yang menerapkan konsep andragogi, pada warga belajar, dan kepada kepala SKB kota Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara kepada tutor SKB kota Tasikmalaya. Sumber data adalah tutor sebanyak 3 orang, warga belajar sebanyak 3 orang, Koordinator Program Kesetaraan dan kepada kepala SKB kota Tasikmalaya. Serta data berupa data dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles and Hubermen yaitu dengan tahapan Data Collecting (pengumpulan data), Data Reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data, Klarifikasi Data (penerikan kesimpulan dan verivikasi). Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa kurang adanya penerapan andragogi tersebut ketiga aspek yaitu: prinsip, kebutuhan dan karakteristik tidak terpenuhi dalam pembelajaran yang dilakukan sehingga tidak adanya peningkatan motivasi belajar warga belajar paket C di SKB kota Tasikmalaya. Kata Kunci: Andragogi, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 06:40
Last Modified: 03 Sep 2019 06:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item