HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN NATURALIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

SUGIANTI, ANTIKA REZA (2021) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN NATURALIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ANTIKA REZA SUGIANTI- final - A4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANTIKA REZA SUGIANTI 2021. Hubungan Antara Kecerdasan Naturalis dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi (Studi Korelasi di Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan naturalis dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2019. Menggunakan metode penelitian asosiatif dengan desain penelitian korelasi, dan uji statistik dengan regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMAN 7 Tasikmalaya yang terdiri dari 191 peserta didik, sampel yang digunakan diambil menggunakan teknik pupossive sampling, yaitu kelas X MIPA 1 sebanyak 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket kuesioner yang berjumlah 25 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji Product Moment Correlation Pearson dengan tingkat signifikan (α) = 0,05. Sedangkan nilai hasil belajar peserta didik diambil dari guru kelas X MIPA 1, menggunakan nilai PAS. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan naturalis dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya dengan nilai r = 0,471 yang dapat dikategorikan pada kategori hubungan dengan kekuatan yang sedang. Kecerdasan naturalis memiliki hubungan sebesar 22,2% terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan garis regresi Y = 10,058 + 0,470x yang memiliki arah korelasi positif, sehingga semakin tinggi nilai kecerdasan naturalis maka akan besar pula hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Kata kunci : Kecerdasan Naturalis, hasil belajar, mata pelajaran biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Oct 2022 00:47
Last Modified: 26 Oct 2022 00:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7013

Actions (login required)

View Item View Item