PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C (Studi pada Paket C Kelas X di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya)

Pangestu, Aji Cahya (2020) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C (Studi pada Paket C Kelas X di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aji Cahya Pangestu. 2020. PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C. (Studi pada Paket C Kelas X di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus ditingkatkan agar pembelajaran dapat lebih efektif dam efisien. Akan tetapi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih perlu didukung oleh penggunaan metode yang tepat sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Salah satu metode yang dapat mendukung dalam upaya membantu tutor dalam kegiatan belajar mengajar yaitu melalui metode resitasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik yang digunakan adalah angket dan observasi. Adapun analisis kajian pada penelitian ini yaitu: 1) Metode resitasi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik Paket C; 2) Terdapat indikator yang dapat dipengaruhi oleh metode resitasi, yaitu keterampilan proses, sikap dan pemahaman konsep. Hasil dari penelitian ini adalah metode resitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik Paket C, dan indikator hasil belajar yang paling dipengaruhi oleh metode resitasi adalah indikator keterampilan proses. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode resitasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik Paket C. Kata Kunci: resitasi, hasil belajar, peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:46
Last Modified: 22 Sep 2022 08:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6801

Actions (login required)

View Item View Item