PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

RIYANTO, AJI (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
D. COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
B. Abstrak.pdf

Download (112kB)
[img] Text
C. LEMBAR PENGESAHAN DEKAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text
E. DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
F. BAB 1 sampai 5-1-11.pdf

Download (358kB)
[img] Text
F. BAB 2 sampai 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aji Riyanto. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Wimba Dengan Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi (Studi Eksperimen Di Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019) Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran wimba dengan model project based learning terhadap berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai bulan September 2019. Metode penelitian menggunakan true experiment dengan populasi seluruh kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya sebanyak 8 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 288 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA-1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA-4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes tertulis berpikir kritis berbentuk uraian berjumlah 14 soal dan hasil belajar berbentuk multiple choice yang berjumlah 30 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Ancova dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran wimba dengan model project based learning terhadap berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Kata kunci : strategi pembelajaran wimba, project based learning, berpikir kritis, hasil belajar, sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:04
Last Modified: 21 Sep 2022 03:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6783

Actions (login required)

View Item View Item