WULANDARI, SILVIA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE MODELLUS PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_COVER.pdf Download (46kB) |
|
Text
4_ABSTRAK.pdf Download (44kB) |
|
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (37kB) |
|
Text
6_DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (76kB) |
|
Text
7_BAB 1.pdf Download (175kB) |
|
Text
8_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
9_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
10_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
Abstract
ABSTRAK Silvia Wulandari. 2022. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE MODELLUS PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang erat kaitannya dengan kegiatan praktikum. Salah satu kegiatan praktikum dapat dilakukan dengan menggunakan laboratorium virtual, khususnya software Modellus. Berkaitan dengan penggunaan software Modellus, tentunya peserta didik memerlukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai panduan untuk melakukan kegiatan praktikum secara terprogram. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning berbantuan software Modellus pada pokok bahasan gerak parabola yang valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan. Model pengembangan 4D terdiri dari empat tahap utama yaitu tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Namun, dalam penelitian ini peneliti membatasi penggunaan model pengembangan 4D ini hanya sampai pada tahap develop. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket analisis karakteristik peserta didik terhadap kebutuhan media pembelajaran, angket validasi ahli media dan ahli materi, serta angket respons pendidik dan peserta didik terhadap kepraktisan produk. Produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan divalidasi oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas kepada dua pendidik mata pelajaran fisika dan peserta didik kelas XI MIPA 8 yang terdiri dari 35 orang di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai validitas produk berdasarkan ahli media adalah 93,33% dengan kriteria sangat valid dan ahli materi adalah 97,64% dengan kriteria sangat valid. Persentase nilai kepraktisan produk berdasarkan respons pendidik adalah 94% dengan kriteria sangat praktis dan respons peserta didik adalah 92,10% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning berbantuan software Modellus pada pokok bahasan gerak parabola yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Kata kunci: Discovery Learning, Gerak Parabola, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Software Modellus
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:33 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6644 |
Actions (login required)
View Item |