MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KONTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK, PEMAHAMAN MATEMATIK, DAN SIKAP PESERTA DIDK

AGUSTIAN, YUSEP HERI (2021) MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KONTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK, PEMAHAMAN MATEMATIK, DAN SIKAP PESERTA DIDK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
draft tesis Yusep Heri Agustian 178102006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83MB)

Abstract

ABSTRAK Yusep Heri Agustian, (2021). “Model Pembelajaran Advance Organizer Melalui Pendekatan Saintifik dan Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik, Pemahaman Matematik, dan Sikap Peserta Didik”. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan representasi matematik, pemahaman matematik, dan sikap belajar peserta didik dengan penerapan model Pembelajaran Advance Organizer melalui pendekatan Saintifik dan Kontruktivisme. Penelitian menggunakan mix methods dengan desain penelitian adalah kelompok kontrol dengan pretes dan postes. Populasinya seluruh peserta didik SMKN Manonjaya tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel secara acak (random) diperoleh peserta didik kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen 1, X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas X TKJ 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen terdiri dari tes dan non-tes. Tes berupa soal kemampuan representasi matematik dan soal pemahaman matematik. Instrumen non-tes berupa lembar observasi sikap peserta didik. Analisis hipotesis dilakukan dengan Anova satu jalur, uji-F dan N-Gain. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan representasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran Advance Organizer melalui pendekatan kontruktivisme lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran Advance Organizer melalui pendekatan saintifik dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran Discovery Learning melalui pendekatan saintifik.; (2) Peningkatan pemahaman matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran Advance Organizer melalui pendekatan saintifik lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran Advance Organizer melalui pendekatan kontruktivisme dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran Discovery Learning melalui pendekatan saintifik; (3) peserta didik menunjukkan sikap positif terhadap model pembelajaran Advance Organizer melalui pendekatan saintifik dan model pembelajaran Advance Organizer melalui pendekatan kontruktivisme. Kata Kunci: advance organizer, saintifik, kontruktivisme, representasi, pemahaman, sikap belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:42
Last Modified: 07 Jul 2022 01:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6269

Actions (login required)

View Item View Item