PERMADI, GALIH (2021) ANALISIS SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL (Studi Kasus : Jl. Raya Perjuangan – Jl. Pasar Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (82kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (150kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (69kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (97kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (903kB) |
|
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (391kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
Abstract
ANALISIS SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL (Studi Kasus : Jl. Raya Perjuangan – Jl. Pasar Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya) Galih Permadi1, Herianto Ir.,M.T.2, Novia Komala Sari S.Pd.,M.T3 Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia E-mail : galihpermadi.gp24@gmail.com ABSTRAK Simpang tiga yang berada di Jalan Raya Perjuangan – Jalan Pasar Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan jenis simpang tak bersinyal. Disekitar persimpangan merupakan daerah pertokoan, ruko, halte bus, bank, pom bensin, pemukiman dan usaha lainnya. Simpang ini merupakan akses jalan yang sering dilalui oleh kendaran umum maupun kendaraan pribadi yang menuju ke arah pusat pemerintahan, sekolah dan perdagangan/pasar maupun sebaliknya. Sehingga pada saat jam puncak tertentu volume kendaraan yang melewati simpang tersebut melebihi kapasitas yang dimiliki simpang tersebut. Seringkali kendaraan mengalami konflik pada jam-jam sibuk yang disebabkan oleh tingginya volume lalu lintas namun kurangnya fasilitas persimpangan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi lalu lintas simpang tiga Jalan Raya Perjuangan – Jalan Pasar Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan volume lalu lintas eksisting menganalisa kinerja simpang tiga tak bersinyal dengan mengunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI’14). Waktu penelitian dilakukan selama 1 minggu, dalam 1 hari waktu interval per 15 menit dari Senin sampai Minggu, yaitu pagi hari jam 07.00 – 17.00 WIB. Hasil analisis data diperoleh volume eksisting kendaraan tertinggi hari senin 5 juli pukul 16.00 – 17.00 menunjukan hasil perhitungan dengan menggunakan PKJI kapasitas 3350,12 skr/jam arus lalu lintas 3134 skr/jam dan derajat kejenuhan 0,93 menghasilkan tundaan simpang sebesar 16,46 det/skr dan peluang antrian sebesar 34,69 % (batas bawah) 68,44 % (batas atas). Pada kondisi eksisting terendah jumat 9 juli 2021 pukul 12.00 – 13.00, menunjukan kapasitas sebesar 3237,26 skr/jam arus lalu lintas sebesar 1039 skr/jam dan derajat kejenuhan 0,32 menghasilkan tundaan simpang sebesar 8,47 det/skr dan peluang antrian sebesar 5,34 % (batas bawah) 14,59 % (batasa atas) Untuk memperbaiki kinerja simpang dan mengurangi kepadatan arus lalu lintas maka direncanakan dengan pelebaran jalan di jalan mayor semula 8 meter ditambah 1,5 meter menjadi 9,5 dan di jalan minor semula 8 meter ditambah 3 meter menjadi 11 meter. Data yang diambil dari arus lalu lintas pada volume tertinggi. setelah dilakukan penambahan lebar jalan menunjukan hasil perhitungan derajat kejenuhan yang awalnya 0,93 menjadi 0,84 dan tundaan yang terjadi awalnya 16,46 menjadi 14,21 det /skr dan kemungkinan terjadinya peluang antrian yang awalnya 34,69% (batas bawah) 68,44 % (batas atas) menjadi 28,37% (batas bawah) 56,13 % (batas atas). Kata Kunci : Simpang Tak Bersinyal, Metode PKJI 2014
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 02:53 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 02:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6077 |
Actions (login required)
View Item |