ROBIAH, SITI (2022) PENERAPAN PENDIDIKAN ORANG DEWASA PADA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TANI (Studi di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (98kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (146kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (330kB) |
|
Text
14.BAB III.pdf Download (307kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Robiah 2022. Penerapan Pendidikan Orang Dewasa Pada Pemberdayaan Masyarakat Tani (Studi di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya Pendidikan orang dewasa merupakan pendidikan kepada orang dewasa sesuai waktu yang orang dewasa miliki agar menumbuhkan minat belajar secara berkelanjutan sepanjang hidupnya.Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pendidikan orang dewasa pada pemberdayaan masyarakat tani dikelurahan Setiawargi. Metode yang digunakan pada penelitian metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendidikan orang dewasa memiliki enam asumsi belajar orang dewasa diantaranya adalah konsep diri temuannya ialah mandiri dan percaya diri, pengalaman temuannya ialah pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain, kesiapan belajar yaitu materi relevan dengan kehidupan nyata, orientasi ke arah kegiatan belajar yaitu berpusat dan berpusat pada warga belajar, kebutuhan terhadap kemampuan yaitu orang dewasa belajar karena memiliki alasan dan tujuan dan motivasi yaitu motivasi internal dan eksternal. Pada penerapannya pendidikan orang dewasa berperan penting untuk membentuk kepribadian petani sesuai keadaan mereka sebagai orang dewasa. Proses pemberdayaan masyarakat tani menggunakan langkah-langkah pemberdayaan yaitu pemungkinan didalamnya ada pengembangan potensi, penguatan yaitu pengetahuan dan kemampuan, perlindungan didalamnya ada pembentukan kelompok dan kerjasama, penyokongan yaitu adanya pendampingan dan dukungan dan pemeliharaan didalamnya ada monitoring dan evaluasi. Hasil pemberdayaan masyarakat tani adalah terciptanya petani yang memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan mumpuni untuk memberdayakan diri dan potensi alam. Hasil penerapan pendidikan orang dewasa pada pemberdayaan masyarakat tani yaitu masyarakat tani belajar menggunakan asumsi belajar orang dewasa untuk melaksanakan langkah-langkah proses pemberdayaan masyarakat tani karena sesuai dengan situasi dan kondisi mereka. Simpulan dengan adanya penerapan pendidikan orang dewasa pada pemberdayaan masyarakat tani membuat produktivitas petani semakin meningkat, mampu mengembangkan potensi diri dan potensi wilayah yang mereka miliki, memiliki inovasi pertanian dan meningkatkan ilmu pengetahuan serta kemampuan petani. Kata Kunci : Penerapan, Pendidikan Orang Dewasa, Pemberdayaan, Masyarakat Tani
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 06:08 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 06:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6007 |
Actions (login required)
View Item |