ANALISIS PEMASARAN PEPAYA CALIFORNIA (Studi Kasus Pada Pemasaran Pepaya California di Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya)

Fajrina, Dania Nur (2021) ANALISIS PEMASARAN PEPAYA CALIFORNIA (Studi Kasus Pada Pemasaran Pepaya California di Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (75kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (379kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (728kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PEMASARAN PEPAYA CALIFORNIA (Studi Kasus Pada Pemasaran Pepaya California di Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya) Oleh Dania Nur Fajrina NPM 175009044 Dosen Pembimbing: Tedi Hartoyo Suprianto Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Saluran pemasaran dan fungsi pemasaran pepaya california di Kelurahan Sirnagalih Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, 2) Nilai margin pemasaran serta farmer’s share saluran pemasaran pepaya california di Kelurahan Sirnagalih Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, 3) Efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran pepaya california di Kelurahan Sirnagalih Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik penentuan responden menggunakan menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 2 orang petani, 2 orang pedagang pengumpul, 2 orang pedagang besar serta 5 orang pedagang pengecer. Hasil penelitian meneliti saluran tiga tingkat melalui Sub Terminal Agribisnis dan yang tidak melalui Sub Terminal Agribisnis dengan hasil menunjukkan: Saluran pemasaran I meliputi Produsen – STA - PT. Panen Raya - Supermarket, serta Saluran pemasaran II meliputi Produsen - Pedagang pengumpul - Pedagang besar - Pedagang pengecer. Marjin pemasaran pada saluran I yaitu sebesar Rp 5.095 dan saluran II yaitu sebesar Rp 5.000/kg. Biaya pemasaran pada saluran I yaitu sebesar Rp 1.466,5/kg dan saluran II yaitu sebesar Rp 757,95/kg. Keuntungan pemasaran pada saluran I yaitu sebesar Rp 3.628,5/kg dan pada saluran II yaitu sebesar Rp 4.172/kg. Farmer’s share pada saluran I yaitu sebesar 49,5 persen dan pada saluran II yaitu sebesar 37,5 persen. Efisiensi pemasaran dengan perbandingan biaya dan nilai produk yang paling efisien yaitu saluran II. Efisiensi pemasaran secara teknis yang paling efisien yaitu saluran I sedangkan secara ekonomis yaitu saluran II. Kata Kunci: Saluran, Efisiensi, Pemasaran, Sub Terminal Agribisnis, Pepaya California

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:45
Last Modified: 03 Jun 2022 08:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item View Item