Fajrina, Dania Nur (2021) ANALISIS PEMASARAN PEPAYA CALIFORNIA (Studi Kasus Pada Pemasaran Pepaya California di Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (75kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
|
Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (151kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (242kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (375kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (379kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (728kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (203kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
Abstract
ABSTRAK ANALISIS PEMASARAN PEPAYA CALIFORNIA (Studi Kasus Pada Pemasaran Pepaya California di Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya) Oleh Dania Nur Fajrina NPM 175009044 Dosen Pembimbing: Tedi Hartoyo Suprianto Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Saluran pemasaran dan fungsi pemasaran pepaya california di Kelurahan Sirnagalih Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, 2) Nilai margin pemasaran serta farmer’s share saluran pemasaran pepaya california di Kelurahan Sirnagalih Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, 3) Efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran pepaya california di Kelurahan Sirnagalih Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik penentuan responden menggunakan menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 2 orang petani, 2 orang pedagang pengumpul, 2 orang pedagang besar serta 5 orang pedagang pengecer. Hasil penelitian meneliti saluran tiga tingkat melalui Sub Terminal Agribisnis dan yang tidak melalui Sub Terminal Agribisnis dengan hasil menunjukkan: Saluran pemasaran I meliputi Produsen – STA - PT. Panen Raya - Supermarket, serta Saluran pemasaran II meliputi Produsen - Pedagang pengumpul - Pedagang besar - Pedagang pengecer. Marjin pemasaran pada saluran I yaitu sebesar Rp 5.095 dan saluran II yaitu sebesar Rp 5.000/kg. Biaya pemasaran pada saluran I yaitu sebesar Rp 1.466,5/kg dan saluran II yaitu sebesar Rp 757,95/kg. Keuntungan pemasaran pada saluran I yaitu sebesar Rp 3.628,5/kg dan pada saluran II yaitu sebesar Rp 4.172/kg. Farmer’s share pada saluran I yaitu sebesar 49,5 persen dan pada saluran II yaitu sebesar 37,5 persen. Efisiensi pemasaran dengan perbandingan biaya dan nilai produk yang paling efisien yaitu saluran II. Efisiensi pemasaran secara teknis yang paling efisien yaitu saluran I sedangkan secara ekonomis yaitu saluran II. Kata Kunci: Saluran, Efisiensi, Pemasaran, Sub Terminal Agribisnis, Pepaya California
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 08:45 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 08:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5891 |
Actions (login required)
View Item |