PENGARUH PENGELOLAAN UANG SAKU, KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMAHAMAN DASAR EKONOMI TERHADAP RASIONALITAS PERILAKU KONSUMSI (Studi Survey pada Peserta Didik Kelas XI SMA Terpadu Riyadlul Ulum Wadda’wah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020)

MUSYAFA, MILDA (2021) PENGARUH PENGELOLAAN UANG SAKU, KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMAHAMAN DASAR EKONOMI TERHADAP RASIONALITAS PERILAKU KONSUMSI (Studi Survey pada Peserta Didik Kelas XI SMA Terpadu Riyadlul Ulum Wadda’wah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (231kB)
[img] Text
ABSTACK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (550kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)

Abstract

ABSTRAK Milda Musyafa (2021). “Pengaruh Pengelolaan Uang Saku, Kecerdasan Emosional Dan Pemahaman Dasar Ekonomi Terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi (Survey pada Peserta Didik Kelas XI SMA Terpadu Riyadlul Ulum Wadda’wah)”. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Dibawah bimbingan Hj Heti Suherti, M.M., dan Raden Roro Suci Nurdianti, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini terkait pada bergesernya pola konsumsi peserta didik dimana mereka menggunakan uang yang dimiliki untuk memenuhi keinginannya yang bersifat tidak terbatas, membeli barang dan jasa yang bukan merupakan kebutuhan pokok serta dipengaruhi oleh perkembangan mode dan trend. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan uang saku, kecerdasan emosional dan pemahaman dasar ekonomi terhadap rasionalitas perilaku konsumsi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu dari penyebaran angket. Populasi sebanyak 351 peserta didik kelas XI SMA Terpadu Riyadlul Ulum Wadda’h dengan jumlah sampel sebanyak 138 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan 3 elemen uji asumsi klasik menunjukan data tersebut mempunyai metode analisis yang tepat. Selanjutnya dari hasil pengelolaan data dengan menggunakan uji regresi linear berganda menghasilkan persamaan Y = -2,971+ 0,550 X1 + 0,065 X2 + 0,599 X3 dengan hasil uji t untuk variabel pengelolaan uang saku yaitu nilai nilai t hitung sebesar 9,715 lebih besar dari t tabel 1,97783 dan pemahaman dasar ekonomi nilai t hitung sebesar 7,821 lebih besar dari t tabel 1,97783. Artinya variabel pengelolaan uang saku dan pemahaman dasar ekonomi terdapat pengaruh positif terhadap rasionalitas perilaku konsumsi peserta didik. Selanjutnya hasil dari uji Ajusted R Square sebesar 0,726 berarti besar pengaruhnya yaitu 72,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil uji F diperoleh nilai F hitung 118,222 dan F tabel 2,67 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman dasar ekonomi dan pengelolaan uang saku berpengaruh secara signifikan terhadap rasionalitas perilaku konsumsi. Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Pemahaman Ekonomi, Perilaku Konsumsi dan Uang Saku

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:44
Last Modified: 03 Jun 2022 08:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5872

Actions (login required)

View Item View Item