PENGGUNAAN BAHAN AJAR E-BOOK GEOGRAFI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya pada Materi Jenis dan Penanggulangan Bencana Alam)

DINIATY, SITI NOOR (2020) PENGGUNAAN BAHAN AJAR E-BOOK GEOGRAFI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya pada Materi Jenis dan Penanggulangan Bencana Alam). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SITI NOOR DINIATY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK SITI NOOR DINIATY. 2020. Penggunaan Bahan Ajar E-Book Geografi Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui E-Learning dalam Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa (Studi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya pada Materi Jenis dan Penanggulangan Bencana Alam). Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Latar belakang penelitian ini adalah masih belum digunakannya bahan ajar yang dapat menunjang siswa dalam menjawab soal-soal berbasis HOTS dan strategi dalam menyesuaikan proses pembelajaran yang dibutuhkan dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Permasalahan yang diteliti mengenai proses pembelajaran Geografi dengan menggunakan bahan ajar e-book berbasis HOTS melalui e-learning dan pengaruh penggunaan bahan ajar e-book Geografi berbasis HOTS melalui e-learning dalam upaya meningkatkan berpikir kritis siswa dengan meneliti dari sisi aspek kognitif. Permasalahan tersebut diajukan dalam upaya untuk mengetahui proses pembelajaran Geografi dengan menggunakan bahan ajar e-book berbasis HOTS melalui e-learning serta pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan bahan ajar tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi bahan ajar e-book geografi berbasis HOTS melalui e-learning sebagai variabel bebas dan berpikir kritis sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara, kuesioner, studi literatur dan tes dengan desain penelitian Subjek Random Desain Pretes-Postes Grup dengan random cluster sampling yang terdiri dari 32 peserta didik dari 37 peserta didik kelas kontrol dan 24 peserta didik dari 36 peserta didik kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan diawali dengan uji normalitas dan homogenitas data kemudian ditindaklanjuti dengan uji statistika parametrik dengan Independent Sample T-Test dan Paired Sampel T-Test lalu uji statistika nonparametrik menggunakan U-Mann Whitney Test dan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian terlaksananya langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar e-book Geografi berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui e-learning dalam upaya meningkatkan berpikir kritis siswa dengan melalui tahap persiapan, penyampaian materi, penyerahan format belajar mandiri dan kelompok, penyerahan jurnal belajar harian serta pre-test dan post-test pada awal pertemuan dan akhir pertemuan. Penggunaan bahan ajar e-book berpengaruh terhadap peningkatan berpikir kritis siswa dengan signifikasi Sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci: Penggunaan Bahan Ajar E-Book, HOTS, Berpikir Kritis, E-Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 May 2022 03:48
Last Modified: 31 May 2022 03:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item